PIALA ASIA 2019: Penalti Kontroversial Bawa Jepang ke 16 Besar

Gelandang Jepang Genki Haraguchi mencetak gol dari titik penalti ke gawang Oman. - Reuters/Suhaib Salem
13 Januari 2019 22:55 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Penalti kontroversial yang dieksekusi Genki Haraguchi membawa Jepang mengalahkan Oman 1-0 dalam laga Grup F di Stadion Zayed Sport City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (13/1/2019). Skor itu membawa Jepang mengoleksi enam angka dari dua kemenangan dan mengantar Samurai Biru mengunci tiket ke perdelapan final.

Jepang, juara Piala Asia empat kali, lagi-lagi tampil kurang bagus. Di laga pertama Grup F, Jepang susah payah menang 3-2 atas Turkmenistan dan sempat tertinggal terlebih dahulu.

Di hadapan Oman, Japang juga kesulitan mengembangkan permainan. Oman nyaris unggul di menit ke-20 ketika striker Muhsen Al Ghassani mengecoh kiper Shuici Gonda. Sayangnya, tembakan Al Ghassani malah melenceng.

Keunggulan Jepang bermula ketika di menit ke-27, gelandang Raed Saleh melanggar Genki Haraguchi di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih, padahal berdasarkan tayangan ulang, Haraguchi hanya tersenggol Saleh.

Wasit Amirul Izwan dari Malaysia mengabaikan protes para pemain Oman. Haraguchi maju sebagai eksekutor dan membawa Jepang unggul.

Jepang cukup beruntung tidak dihukum penalti. Bek kiri Yuto Nagatomo menghalau bola sepakan Salaah Al-Yahyaei menggunakan tangan. Insiden itu luput dari pengamatan wasit.