PIALA ASIA 2019: China & Korea Menyusul Yordania ke 16 Besar

Pelatih Timnas China Marcello Lippi (menghadap kamera) berpelukan dengan pelatih Filipina Sven-Goran Eriksson setelah kedua tim bertanding di Piala Asia 2018. - Reuters/Suhaib Salem
12 Januari 2019 02:25 WIB Budi Cahyana & M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - China dan Korea lolos ke fase 16 besar Piala Asia 2019 setelah memenangi laga kedua Grup C, Jumat (11/1/2019). Sementara, peluang Filipina, salah satu wakil Asia Tenggara selain Thailand dan Vietnam , untuk lolos ke perdelapan final sulit karena sudah kalah dua kali.

Setelah menyerah 0 - 1 dari Korea Selatan di laga pertama, Filipina kali ini kalah  0-3 dari China dalam laga kedua Grup C di Stadion Mohammed bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat.

Dua dari tiga gol China dicetak Wu Lei pada menit ke-40 dan 66, sedangkan satu lagi oleh Yu Dabao. Laga ini mempertemukan dua timnas yang ditukangi pelatih besar. China dilatih Marcello Lippi, eks Timnas Italia, sedangkan Filipina ditangani Sven-Goran Erikksson, eks pelatihInggris, Meksiko, dan Pantai Gading.

Dengan kemenangan ini, China menjadi tim kedua yang lolos ke 16 besar setelah Yordania di Grup B. Nilai China 6 setelah di laga pertama menang 2 - 1 atas Kirgstan. Beberapa saat setelah China menang, Korea mengalahkan Kirgistan dengan skor tipis 1-0 di Stadion Hazza bin Zayed. Satu-satunya gol Korea dilesakkan Min Jae-min di menit ke-41.

China dan Korea akan saling berhadapan di laga terakhir, Rabu (16/1/2019). Sementara, Kirgistan akan meladeni Filipina. Kirgistan dan Filipina masih punya peluang melaju ke perdelapan final sebagai satu dari empat peringkat ketiga terbaik.