Batshuayi Dipingpong dari Chelsea, Dortmund, Kini Valencia

Michy Batshuayi dalam balutan jersey Timnas Belgia. - Reuters/Francois Lenoir
11 Januari 2019 18:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Valencia tengah mencari klub baru untuk striker asal Belgia Michy Batshuayi Atunga. Batshuayi hanya menjaringkan satu gol dalam 15 penampilannya bersama Valencia di pentas La Liga Spanyol, yang kini berada di slor ke-12 klasemen sementara musim 2018-2019.

Pemain berusia 25 tahun itu dipinjamkan Chelsea ke klub Bundesliga Borussia Dortmund pada paruh kedua musim lalu, mencetak tujuh gol dalam sembilan pertandingan di liga teratas Jerman tersebut, tapi aksinya terhenti akibat cedera pergelangan kaki.

Dia kesulitan memberi dampak positif di Valencia. Direktur Valencia Mateu Alemany mengutarakan dalam pengumuman resmi bahwa sang pemain berdarah Kongo itu bakal segera pergi.

“Kami tengah bernegosiasi dengan sejumlah klub untuk jalan keluar bagi Batshuayi. Si pemain tahu itu dan kami berharap mencapai kesepakatan yang baik untuk semua pihak. Kami perkirakan kesepakatan itu tercapai dalam beberapa jam, atau beberapa hari, ke depan,” kata Alemany, sebagaimana dikutip Scoresway, Jumat (11/1/2019).

Everton dilaporkan berminat untuk mendapatkan jasa Batshuayi melalui proses transfer permanen dengan mahar perpindahan sebesar 18 juta paun (Rp322,39 miliar).

Karier Batshuayi di Chelsea berakhir ketika pelatih asal Italia Maurizio Sarri datang ke Stamford Bridge, London, Juli tahun lalu menggantikan Antonio Conte. Sarri tidak memercayai kemampuan Batshuayi meski sang pemain membantu Chelsea meraih trofi Liga Primer 2016 – 2017 dengan mencetak lima gol.

Batshuayi memulai karier profesional di klub Belgia Stabdard Liege pada 2011. Pada 2014 dia pindah ke klub Ligue 1 Prancis Marseille dan bergabung ke Chelsea pada 2016 untuk langsung ikut mengantar The Blues juara Liga Primer Inggris.

Dia memiliki 22 caps bersama Timnas Belgia dengan mencetak 12 gol sejak debut internasional pada 2015. Dia termasuk yang mengantar Belgia menduduki peringkat ketiga Piala Dunia 2018 di Rusia dan mencetak satu gol ketika tim asuhan Roberto Martinez itu menundukkan 5 - 2 Tunisia di fase grup.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia