Advertisement

PIALA ASIA: Bangkit & Berubah, Thailand Kalahkan Bahrain

Budi Cahyana
Kamis, 10 Januari 2019 - 21:45 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA: Bangkit & Berubah, Thailand Kalahkan Bahrain Chanathip Songkrasin - the/afc.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Thailand bangkit dari keterpurukan di Piala Asia 2019 begitu ditangani nakhoda baru.

Setelah secara mengejutkan takluk 1-4 dari India, Thailand mengalahkan Bahrain dalam laga kedua Grup A di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (10/1/2019).

Advertisement

Setelah hanya bermain kacamatan sebelum turun minum, Thailand memecah kebuntuan di menit ke-58. Chanathip Songkrasin, gelandang klub J1 League, Consodale Sapporo menyambar bola liar yang berawal dari umpan silang bek sayap kanan Tristan Do.

Ini adalah laga pertama Thailand di bawah karteker Sirisak Yodyadthai yang menggantikan Milovan Rajevac. Rajevac dipecat beberapa saat setelah Thailand kalah memalukan dari India,

Yodyathai merombak skema 4-4-2 yang dipakai Rajevac dan menggantinya dengan 3-6-1.

Suphan Thongsong dan Adisorn Promrak dipasang bersama Pansa Hemviboon di lini pertahanan. Gelandang Sanrawat Dechmitr yang menjadi bintang Piala AFF 2018 didrop ke bangku cadangan. Gelandang bertahan Tanaboon Kesarat dipasang untuk memberi Thailand lebih banyak tenaga di lini tengah.

Yodyadthai juga dmengganti kiper. Chatchai Budprom yang menjadi kiper utama karena Kawin Thamsatchanan cedera tak lagi dimainkan. Chatchai tampil buruk di laga pertama sehingga Thailand kebobolan empat gol oleh India. Sebagai gantinya, Yodyadthai memadang Siwarak Tedsungnoen, kiper berusia 34 tahun, saat menghadapi Bahrain. Perubahan itu membuat pertahanan Thailand lebih solid.

Namun, serangan tim Negeri Gajah Putih kurang menggigit. Di babak kedua, Chanathip Songraksin digeser lebih ke tengah dan hasilnya tokcer.

Pergerakan gelandang 25 tahun itu membahayakan pertahanan Bahrain dan di menit ke-58, dia bisa membawa Thailand unggul. Chanatip hampir saja membuat Thailand unggul 2-0, tetapi tendangannya membentur tiang.

Thailand kini berada di peringkat kedua Grup A dengan tiga poin, di bawah India. Thailand selanjutnya akan menghadapi tuan rumah pada pertandingan terakhir, Senin (14/1/2019). Sementara, sahibulbait UEA kini baru mengoleksi satu poin berkat hasil seri 1-1 melawan Bahrain di pertandingan pembuka. Thailand maupun India masih berpeluang menambah poin. Keduanya baru bertanding Kamis malam ini pukul 23.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Olahraga
| Selasa, 23 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement