Advertisement

PIALA ASIA 2019: Juara Bertahan Australia Kalah Mengejutkan dari Yordania

Budi Cahyana
Minggu, 06 Januari 2019 - 20:23 WIB
Budi Cahyana
PIALA ASIA 2019: Juara Bertahan Australia Kalah Mengejutkan dari Yordania Mathew Ryan, mencegah Austrialia kebobolan banyak gol ketika menghadapi Yordania. - Reuters, Francois Lenoir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Juara bertahan Australia menelan pil pahit dalam laga perdana Grup B Piala Asia 2019 di Stadion Hazza bin Zayed, Minggu (6/1/2019). Socceroos secara mengejutkan takluk 0-1 dari Yordania.

Bek tengah Anas Bani Yaseen memanfaatkan kelengahan lini belakang Australia dalam menghadapi sepak pojok. Yaseen menanduk bola melewati kiper Mathew Ryan pada menit ke-26 dan membawa Yordania unggul.

Advertisement

Anak asuh Graham Arnold tak bisa berbuat banyak sepanjang laga. Australia datang ke turnamen dengan kondisi yang tidak ideal. Arnold kehilangan empat pemain karena cedera, yakni Aaron Moy, Mathew Leckie, Martin Boyle, dan Andrew Nabbout.

Sepanjang pertandingan, Australia bahkan terus dikurung Yordania dan hanya kecemerlangan Mat Ryan yang mencegah Socceroos kebobolan lebih dari satu gol.

Penyelematan paling gemilang yang dicatat Ryan adalah ketika  menepis bola tendangan bebas Abdel Rahman.

Australia sebenarnya punya peluang mendapat hadiah tendangan penalti. Bek tengah Feras Shelbayeh menyentuh bola dengan tangan ketika menghalau umpan lambung  Robbie Kruse. Pemain Socceroos protes. Namun, wasit mengabaikannya.

Ini adalah kontroversi kedua di Piala Asia 2019 yang baru memainkan dua laga. Di laga pembuka turnamen, Bahrain gagal menang gara-gara dihukum tendangan penalti lantaran handball yang meragukan.

Piala Asia 2019 baru memakai VAR begitu memasuki perempat final. Di fase grup dan perdelapan final, keputusan pengadil hanya berdasarkan kejelian.

Australia harus menang di laga kedua menghadapi Palestina, Jumat (7/1/2019). Jika kalah, Socceroos harus mengepak koper lebih awal, meski bertatus favorit juara sekaligus juara bertahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement