PIALA ASIA 2019: Gara-Gara Penalti Kontroversial, Sahibulbait UEA Tak Jadi Kalah

Striker UEA, Ahmed Khalil - The National
06 Januari 2019 17:20 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain berbagi angka 1-1 dalam, laga pembuka Piala Asia 2019 di Zayed Sports City Stadium, Abu Dhabi, Minggu (6/1/2019) dini hari.

UEA yang ditangani bekas pelatih AC Milam Alberto Zaccheroni tampil buruk dan beruntung bisa terhindar dari kekalahan gara-gara keputusan kontroversoal wasit.

Sahibulbait tertinggal di menit ke-78 lewat sepakan gelandang Bahrain Mohamed Al Romaihi. Namun, 10 menit kemudian, UEA diselamatkan wasit.

Bek Bahrain Mohamed Marhoon yang baru satu menit berada di lapangan menghalau umpan lambung dengan tubuhnya. Dia kemudian menyapu bola ke luar kotak penalti Bahrain.

Wasit asal Yordania, Adham Makhadmeh, sudah berlari dan terus mengamati pergerakan bola. Namun, sejurus kemudian dia menunjuk titip putih dan menganggap Morgoon menyentuh bola dengan tangan ketika mengadang serangan. Dalam tayangan ulang, tak jelas betul apakah Marhoon handball atau tidak.

AFC, sebagaimana UEFA, belum menerapkan video assistant referee sehingga Makhadmeh tak bisa mengevaluasi keputusannya.

Striker Ahmed Khalil kemudian sukses menjadi eksekutor dan menyamakan kedudukan. Pelatih Bahrain Miroslav Soukup kecewa berat dengan keputusan wasit.

“Itu bukan handball. Mingkin Marhoon menyentuh bola dengan tangan, tetapi dia tak sengaja dan bukan pelanggaran,” ujar pelatih asal Republik Cheska itu sebagaimana dilansir foxsportsasia.com, Minggu.

“Sampai sekarang saya belum mekihat rekaman videonya. Tetapi dari tempat saya berdiri, terlihat sentuhan bola menggunakan tangan itu tidak disengaja.

Gelandang Bahrain Ali Madan yang berada di kotak penalti ketika Marhoon menghalau bola hakul yakin timnya tidak layak dihukum penalti.

“Ini hasil yang cukup bagus, tetapi sebenarnya kami bisa menang. Semestinya kami tidak dihukum penalti, tetapi kesalahan wasit seperti ini lumrah dalam sepak bola.”

UEA dan Bahrain bergabung di Grup A bersama Thailand dan India. Thailand akan menghadapi India di Minggu malam ini pukul 20.30 WIB.