PIALA ASIA 2019: Australia Menyambut Era Baru

Andalan Australia, Trent Sainsbury - ESPN
06 Januari 2019 16:25 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Australia akan memainkan laga pertama di Grup B Piala Asia 2019 menghadapi Yordania di Stadion Hazza bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (6/1/2019) petang ini pukul 18.00 WIB.

Ini adalah era baru Australia selepas Piala Dunia 2018 yang kurang menarik bagi mereka. Pelatih Graham Arnold tak bisa lagi memanggil dua nama besar, yakni

Tim Cahill dan Mile Jedinak, karena keduanya sudah pensiun. Dalam satu dekade terakhir, Cahil dan Jedinak adalah andalan Socceroos.

Sebagai juara bertahan, Australia menjadi salah satu favorit selain Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Arnold pun menyatakan anak asuhnya sudah siap melakoni turnamen dan menghadapi Yordania.

“Saya mengharapkan permainan menawan dari anak-anak dan skor yang bikin hati senang. Saya yakin dengan potensi skuat ini karena kami memiliki banyak pemain bagus,” ujar Arnold dikutip foxsportsasia.com, Minggu.

Salah satu jagoan Arnold adalah menantunya, Trent Sainsbury, bek tengah berusia 26 tahun yang kini berkarier di PSV Eindhoven. Sainsbury pernah mengharapkan ban kapten di Piala Asia 2019, tetapi Arnold malah memberikannya kepada Mark Milligan yang sudah berumur 34 tahun. Sainsbury adalah elemen penting dalam keberhasilan Socceroos menjuarai Piala Asia 2015 kala menjadi tuan rumah.

Australia berada dalam satu grup dengan Yordania, Palestina, dan Suriah. Sepintas lalu, ini adalah grup yang sangat ringan. Namun, Arnold tak ingin memandang sebelah mata ketiga tim dari Timur Tengah ini.

“Kami akan selalu mengamati apa kekuatan dan kelebihan mereka. Sehari sebelum pertandingan, permainan calon lawan kaim analisis agar kami tahu siapa yang kami hadapi dan apa kelemahan yang bisa kami eksploitasi.”

Australia akan menghadapi Palestina pada 11 Jnuari dan Suriah pada 15 Januari.

Skuat Australia di Piala Asia 2019

Kiper: Mitchell Langerak (Nagoya Grampus, Jepang), Mathew Ryan (Brighton & Hove Albion FC, Inggris), Daniel Vukovic (KRC Genk, Belgia)

Bek: Aziz Behich (PSV Eindhoven, Belanda), Milos Degenek (Red Star Belgrade, Serbia), Alex Gersbach (Rosenborg BK, Norwegia), Rhyan Grant (Sydney FC), Matthew Jurman (Al-Ittihad Jeddah, Arab Saudi), Josh Risdon (Western Sydney Wanderers FC), Trent Sainsbury (PSV Eindhoven, Belanda), Mark Milligan (Hibernian FC, Skotlandia)

Gelandang: Mustafa Amini (AGF Aarhus, Denmark), Chris Ikonomidis (Perth Glory), Jackson Irvine (Hull City AFC, Inggris), Massimo Luongo (Queens Park Rangers, Inggris), Aaron Mooy (Huddersfield Town AFC, Inggris), Tom Rogic (Celtic FC, Skotlandia)

Striker: Apostolos Giannou (AEK Larnaca, Siprus), Robbie Kruse (VfL Bochum, Jerman), Mathew Leckie (Hertha BSC, Jerman), Awer Mabil (FC Midtjylland, Denmark), Jamie Maclaren (Hibernian FC), Andrew Nabbout (Urawa Red Diamonds)