LIGA PREMIER PEKAN 21: Aguero dan Sane Beri Liverpool Kekalahan Perdana

Pep Guardiola - Reuters
04 Januari 2019 10:48 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manchester City menumbangkan Liverpool dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-21 Liga Premier di Stadion Etihad, Jumat (4/1/2019) dini hari WIB.

Gol Sergio Aguero di pengujung babak pertama dibalas Roberto Firmino di babak kedua. Namun, Leroy Sane kambali membuat City unggul dan Liverpool untuk kali pertama di Liga Premier musim ini terpaksa menelan kekalahan.

Tertinggal tujuh poin di klasemen membuat pelatih City, Pep Guardiola, menurunkan semua pemain terbaiknya.

Trio lini depan City diisi Kun Aguero, Raheem Sterling dan Leroy Sane. Liverpool masih mengandalkan trisula, Mohamed Salah, Sadio Mane dan Firmino.

Peluang pertama di pertandingan ini didapatkan Liverpool di menit ke-8 setelah bola buangan gelandang City Fernandinho malah mengarah ke gawang sendiri, beruntung Ederson bisa menangkap bola dengan cermat.

Liverpool mulai bisa menetralisir serangan City di menit ke-15 dan membangun serangan lewat sentuhan satu-dua.

Bahkan Mane nyaris menjebol gawang City di menit 18, namun sayang tendangan pemain Pantai Gading itu membentur mistar gawang dan bola sapuan bek City, John Stones belum masuk ke gawang Ederson. Skor City vs Liverpool masih 0-0.

Hingga menit 25, pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil Van Dijk dan Dejan Lovren masih belum bisa ditembus barisan serang City.

David Silva mendapat peluang di menit 28 usai menerima umpan tarik dari Sterling di sisi kanan, namun sepakan mendatar Silva diblok oleh Van Dijk.

Hingga menit ke-30, City belum menendang dengan tepat satu pun ke gawang Liverpool. City masih mengandalkan permainan sayap yang dimotori Sane di sebelah kiri dan Sterling di sisi kanan.

Aguero akhirnya bisa menjebol gawang Liverpool yang Alisson di menit 40. Aguero yang lolos dari penjagaan Lovren menendang bola dengan keras dari dalam kotak penalti tanpa bisa ditahan Alisson. 

Di babak kedua, Liverpool mencoba memperlambat tempo dan memainkan bola dari kaki ke kaki namun City yang tampil di depan hadapan publiknya sendiri tidak memberi kesempatan sedikit pun bagi Salah cs untuk bergerak.

Klopp mengganti James Milner dengan Fabinho untuk memperkuat barisan tengah Liverpool yang dikuasai City.

Liverpool mendapat peluang di menit 56 namun sepakan keras kaki kanan Alexander Arnold menyamping di gawang City.

Setelah menyerang terus menerus, Liverpool akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol sundulan Firmino di menit 64 usai menerima umpan Andy Robertson matang dari sebelah kiri. 

Sane membuat City unggul 2-1 atas Liverpool di laga ini. Lewat serangan balik cepat yang dimulai dari sayap kanan, Sane mengakhirinya dengan tendangan kaki kirinya di menit 72 ke pojok kanan bawah tanpa bisa ditahan Alisson. 

Salah meraih peluang di menit 82, namun tendangan kaki kirinya dapat dimentahkan Ederson dan hanya berbuah tendangan sudut. Liverpool kembali mendapat kesempatan namun sepakan pemain Liverpool belum mampu menembus jala City.

City sebenarnya bisa menghabisi Liverpool di menit-menit terakhir seandainya Bernardo Silva dan Sterling cermat memanfaatkan peluang emas di depan gawang Alisson. Skor akhir City melawan Liverpool 2-1.

Kemenangan ini membuat City naik ke posisi dua menggeser Tottenham Hotspur sekaligus mempertipis jarak dengan Liverpool yang saat ini memimpin klasemen. City yang di peringkat dua mengumpulkan 50 angka sedangkan Liverpool mengkoleksi 54 poin.

Susunan pemain City Vs Liverpool:

City: Ederson, Danilo, Laporte, Vincent Kompany, John Stones, Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva, Kun Aguero, Leroy Sane, Raheem Sterling

Liverpool: Alisson, Trent Alexander Arnold, Andy Robertson, Dejan Lovren, Virgil Van Dijk, James Milner, Wijnaldum, Jordan Henderson, Mohamed Salah, Sadio Mane, Firmino

Data dan Fakta:

* Liverpool meraih kemenangan dari sembilan laga terakhir mereka di ajang Liga Inggris.
* Manchester City mencetak rata-rata dua gol dalam 11 laga kandang di ajang Liga Inggris.
* Manchester City mampu melesakkan rata-rata lebih dari 2,5 gol dalam enam laga kandang di ajang Liga Inggris.
* Manchester City mampu mencetak rata-rata 2,5 gol dalam delapan laga dari sembilan pertandingan kandang melawan Liverpool di semua kompetisi.
* Liverpool rata-rata mencetak tiga gol dalam lima dari enam pertandingan terakhir mereka di ajang Liga Inggris.
* Liverpool tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan dari 12 laga melawan Manchester City di semua kompetisi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia