PIALA ASIA 2019: Gara-Gara Korea, Berapa Kali Son Heung Min Absen Membela Spurs di Liga Inggris?

Son Heung-Min - Reuters/Paul Childs
02 Januari 2019 18:45 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Son Heung-min bakal absen di dua laga pertama Korea Selatan pada Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab (UEA). Tottenham Hotspur mengizinkan penyerang andalannya untuk memperkuat Taeguk Warriors, tetapi setelah Spurs memainkan laga pekan ke-22 Liga Premier menjamu Manchester United, 13 Januari nanti.

Dengan demikian, Son akan absen kala Korea melawan Filipina pada 7 Januari dan Kirgistan pada 11 Januari. Penyerang 26 tahun itu baru bisa bermain di Piala Asia menghadapi China pada 16 Januari.

Spurs jelas tak ingin kehilangan Son kala menghadapi United. Son saat ini sedang dalam performa terbaik di Liga Premier. Dalam lima laga terakhir, mantan pemain Hamburg dan Bayer Leverkusen itu mencetak enam gol dan memasok tiga asis, termasuk satu gol saat Spurs mengalahkan Cardif City 3-0 di Liga Premier pekan ke-21, Rabu (2/1/2019) dini hari WIB.

Di Piala Asia, Korea adalah favorit juara dan jika bisa melaju sampai final, Son akan absen membela Spurs hingga 1 Februari. Dengan demikian, Spurs bakal kehilangan salah satu penyerang terpentingnya kala menghadapi Fulham di pekan ke-23 (20 Januari), Watford di pekan ke-24 (30 Januari), dan Newcastle di pekan ke-25 (2 Februari).

Spurs juga tak akan bisa memainkan Son di semifinal kedua Carabao Cup menghadapi Chelsea. Jika Spurs berhasil melaju ke ronde kelima Piala FA, Son masih absen.

Di awal musim ini, Spurs sudah kehilangan Son dalam empat pertandingan karena sang pemain membela Korea U-23 di Asian Games 2018 di Indonesia.

Pelatih Korea, Paulo Bento, memasukkan Son dalam daftar 23 pemain untuk Piala Asia. Dalam skuat tersebut terdapat 14 pemain eks Piala Dunia 2018.

Bento juga kembali Ji Dong Won, striker Augsburg, yang absen membela Korea di Piala Dunia 2018 karena cedera.  Bento mengatakan Ji cukup mengesankan saat pertandingan persahabatan melawan Chile dan Kosta Rika September lalu, sebelum dia kembali absen karena cedera.

“Saya tahu Ji baru tampil dalam dua laga perdana kami, tapi penampilannya bagus," kata Bento.

Ji akan didukung oleh striker Gamba Osaka Hwang Ui-jo yang mencetak total tiga gol dalam enam laga di bawah asuhan Bento dan menjadi pencetak gol terbanyak di Asian Games 2018 dengan sembilan gol. Pada Piala Asia 2015, Korea hanya menjadi runner up setelah di final dikalahkan tuan rumah Australia.

Skuat Korea untuk Piala Asia 2019

Kiper: Kim Seung-gyu, Kim Jin-hyeon, Jo Hyeon-woo.

Bek: Kim Young-gwon, Jung Seung-hyun, Hong Chul, Lee Yong, Kwon Kyung-won, Kim Min-jae, Kim Jin-soo, Kim Moon-hwan.

Gelandang: Ki Sung-yueng, Jung Woo-young, Ju Se-jong, Koo Ja-cheol, Lee Jae-sung, Hwang Hee-chan, Na Sang-ho, Lee Chung-yong, Son Heung-min, Hwang In-beom.

Striker: Hwang Ui-jo, Ji Dong-won.