BURSA TRANSFER: Dortmund Jual Pulisic Rp1 Triliun ke Chelsea

Christian Pulisic - Reuters/Thilo Schmuelgen
02 Januari 2019 17:45 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Borussia Dortmund menjual gelandang muda 20 tahun kelahiran Amerika Serikat, Christian Pulisic, ke klub Liga Premier, Chelsea.

Pulisic dilego 64 juta euro atau setara Rp1 triliun. Kesepakatan itu diumumkan Rabu (2/1/2019) di website resmi Dortmund. Namun, Pulisic tidak akan pergi ke Stamford Bridge di paruh musim ini, tetapi pada Juli 2019 nanti.

“Christian memiliki karakter yang mengagumkan. Saya yakin dia tetap akan mengerahkan kemampuan terbaik hingga akhir musim nanti dan membantu kami mencapai tujuan-tujuan besar yang ada di depan mata,” kata Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc.

“Christian selalu memimpikan bermain di Liga Premier karena latar belakangnya sebagai orang Amerika. Kami juga tak mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kontraknya sehingga kami membiarkannya pergi ke Inggris.”

Kontrak Pulisic di Dortmund berakhir pada musim panas 2020. Dia adalah salah satu bakat terbesar yang dimiliki Dortmund.

Pulisic bergabung dengan Dortmund di usia 16 tahun pada Februari 2015 dan membuat debut di Bundesliga satu tahun kemudian, pada usia 17 tahun 133 hari. Dia menjadi pemain termuda Amerika yang bermain di kompetisi Eropa dan pencetak gol termuda keempat dalam sejarah Bundesliga. Rekornya tak berhenti di sini. Pulisic adalah pemain termuda yang membuat dua gol dalam satu laga di Bundesliga, pemain Dortmund termuda di Liga Champions, pemain Amerika termuda yang menjuarai kompetisi Eropa (DFB Pokal), dan pemain termuda yang menjadi Pemain Terbaik Amerika.

Namun, kedatangan Lucian Favre sebagai pelatih Dortmund musim ini mengubah arah kariernya. Favre bisa mengembalikan Dortmund sebagai penantang serius Bayern di Bundesliga setelah klub tersebut tampil inkonsisten sepeninggal Jurgen Klopp.

Sayangnya, Pulisic malah kehilangan tempat utama karena pulihnya kapten Marco Reus dan meroketnya gelandang 18 tahun asal Inggris, Jadon Sancho.

Sejak mencatat debut profesional pada Januari 2016, Pulisic sudah tampil 115 kali bersama Dortmund di semua kompetisi, mencetak 15 gol dan memasok 24 asis. Di usianya yang masih belia, Pulisic sudah 23 kali memperkuat Amerika Serikat dengan catatan sembilan gol.