Acungan Jempol Guardiola untuk Zinchenko & Fernandinho

Oleksandr Zinchenko - Reuters/John Sibley
01 Januari 2019 16:00 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Pelatih Manchester City Pep Guardiola memuji anak asuhnya setelah berhasil menumbangkan tuan rumah Southampton dengan skor 3 - 1 dalam pertandingan pekan ke-21 Liga Primer Inggris.

Kemenangan itu sangat penting karena sebelumnya City menelan tiga kekalahan dalam empat laga sebelumnya. Kemenangan itu juga krusial lantaran memangkas jarak dengan pimpinan klasemen Liverpool menjadi tujuh angka. Liverpool masih kokoh di puncak dengan poin 54. Guardiola pun memuji respons anak asuhnya terutama penampilan Oleksandr Zinchenko dan Fernandinho saat menghantam Soton.

“Itu merupakan penampilan yang bagus, terutama pada 35 menit pertama,” kata pelatih berpaspor Spanyol itu sebagaimana dilansir laman resmi klub pada Senin (31/12/2018).

“Kemenangan 3 - 1 adalah hasil yang bagus. Kami bisa saja menang lebih besar, tetapi setelah dua kekalahan, menang menjadi hal yang paling penting. Para pemain tahu apa yang harus dilakukan, mereka fantastis,” kata dia.

Zinchenko memperlihatkan kualitas mental yang bagus. Dia membuat kesalahan besar sehingga Soton mampu menciptakan gol penyama kedudukan lewat Pierre Emile Hojberg. Namun, reaksinya setelah blunder itu diacungi jempol.

“Kami memberi segalanya. Lihat Oleks, bagaimana dia bereaksi [setelah kehilangan bola dan membuat Soton mencetak gol penyeimbang) sebagai seorang pemain muda. Dia tidak bersembunyi. Dia melakukan hal sebaliknya dan membuat assist [untuk gol ketiga City yang dilesakkan Sergio Aguero]. Dia pemain terbaik di lapangan,” tutur Guardiola.

Mengenai Fernandinho, Guardiola menyebut pemain tengah itu memang pantas berseragam The Citizens. “Kami tahu itu. Sama seperti klub lain di dunia, setiap tim memiliki pemain penting dan Ferna salah satu pemain penting tersebut bagi kami,” lanjutnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia