Advertisement

Firmansah Cetak 5 Gol, Liverpool Hancurkan Arsenal

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 30 Desember 2018 - 07:30 WIB
Budi Cahyana
Firmansah Cetak 5 Gol, Liverpool Hancurkan Arsenal Para pemain Liverpool merayakan gol kelima ke gawang Arsenal. - Reuters/Phil Noble

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Liverpool membantai Arsenal dengan skor telak 5 - 1 dalam laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield di Liverpool pada Minggu (30/12/2018) dini hari WIB. Kelima gol The Reds diborong trisula maut mereka, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah (Firmansah).

Kemenangan itu diraih setelah Liverpool memperoleh dua tendangan penalti, satu disarangkan Salah yang lainnya oleh Firmino.

Advertisement

Firmino di laga itu bahkan mengemas hattrick alias tiga gol, ditambah satu gol lain dari Sadio Mane untuk mengubur keunggulan yang sempat dimiliki Arsenal lewat Ainsley Maitland-Niles.

Kemenangan itu memantapkan posisi Liverpool di puncak klasemen dengan koleksi 54 poin, sedangkan Arsenal (38) tertahan di urutan kelima.

The Reds kini unggul 9 poin dari pesaing terdekatnya, Tottenham Hotspur (45), yang menelan kekalahan memalukan melawan Wolverhamtpon Wanderers (29) dalam laga yang dihelat lebih awal.

Liverpool memulai pertandingan dengan situasi tak cukup meyakinkan, diwarnai salah umpan di area sendiri oleh Fabinho yang direbut Alex Iwobi, beruntung kiper Alisson Becker cukup sigap menghentiknan tendangan sayap Arsenal itu.

Akan tetapi, kecanggungan dan mudahnya jalur umpan Liverpool terbaca masih terus terjadi dan kali ini saat Dejan Lovren berusaha melepaskan umpan panjang bola berhasil direbut Arsenal.

Iwobi lantas melakukan kerja sama satu dua sentuhan dengan Aaron Ramsey sebelum melepaskan umpan silang ke area tiang jauh di mana Maitland-Niles berlari bebas untuk meluncur dan mengarahkan bola ke gawang Liverpool demi membawa timnya unggul pada menit ke-11.

Namun, gol tersebut seolah melecut semangat para pemain tuan rumah yang segera membalas dan berbalik memimpin dalam 5 menit saja dari gol Maitland-Niles.

Pada menit ke-14, Firmino lebih dulu menyamakan kedudukan saat ia berhasil memanfaatkan bola liar di muka gawang tamu berjuluk The Gunners.

Firmino awalnya menyodorkan umpan yang diterima dengan baik oleh Salah yang berusaha menusuk ke dalam kotak penalti, tetapi bola dijegal Granit Xhaka dan menjadi liar.

Bola berusaha disapu Stephan Lichsteiner tetapi membentur tubuh Shkodran Mustafi dan bergulir ke arah Firmino yang berlari serta cukup melakukan sontekan kecil tanpa melihat gawang untuk melahirkan gol penyama kedudukan pada menit ke-14.

Berselang 2 menit kemudian Firmino mencetak gol keduanya sehingga Liverpool berbalik memimpin 2 - 1 saat ia merebut bola di depan kotak penalti Arsenal, sebelum menghindari jegalan tiga pemain lawan dan menyarangkan bola kembali ke gawang yang dikawal Bernd Leno.

Arsenal berusaha membalas, tetapi serangan mereka selalu kandas di sepertiga akhir lapangan, sedangkan Liverpool cukup tenang memelihara keunggulan mereka.

Tuan rumah asuhan Jurgen Klopp memperbesar keunggulan menjadi 3 - 1 pada menit ke-32 dalam situasi menyusul sepak pojok yang disapu tak sempurna barisan pertahanan Arsenal.

Bola jatuh ke kaki Andy Robertson yang melepaskan umpan lambung disambut satu sentuhan oleh Salah yang mengirimkannya ke muka gawang di mana Mane menanti dengan tembakan keras mengecoh Leno yang telanjur menjatuhkan diri untuk mempersempit ruang tembak lawan.

Arsenal kian terpuruk di pengujung babak pertama saat Salah dijatuhkan dengan mudah oleh Sokratis Papastathopoulos di dalam kotak penalti dan wasit Michael Oliver segera menunjuk titik putih.

Salah yang menghadapi bolanya sendiri melepaskan tendangan keras yang meskipun berhasil ditebak arahnya oleh Leno, tetap tak mampu dihentikan dan mengalir deras ke dalam gawang dan membuat Liverpool unggul 4 - 1 saat menyudahi babak pertama.

Arsenal berusaha memulai pertandingan dengan baik pada babak kedua, tetapi serangan mereka selalu mudah dipatahkan barisan pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk.

Sebaliknya Liverpool juga terus berusaha menekan tiap kali menguasai bola, hingga akhirnya mendapatkan hadiah tendangan penalti kedua yang berbuah dari pelanggaran cukup ringan Sead Kolasinac terhadap Dejan Lovren dalam situasi bola mati pada menit ke-64.

Salah memberikan kesempatan kepada Firmino untuk menjadi algojo, dan legiun Brasil itu dengan dingin mengecoh Leno sehingga menghasilkan hattrick sekaligus memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 5 - 1.

Pada menit ke-85, Alexandre Lacazette terjatuh di dalam kotak penalti setelah mendapatkan kontak dari Nathaniel Clyne, tetapi wasit mengabaikan permintaan penalti para pemain Arsenal. Skor 5-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai.

Hasil pekan ke-20 hingga Minggu dini hari WIB: Brighton & Hove Albion 1 vs Everton 0; Fulham 1 vs Huddersfield Town 0; Leicester City 0 vs Cardiff City 1; Tottenham Hotspur 1 vs Wolverhampton Wanderers 3; Watford 1 vs Newcastle United 1; Liverpool 5 vs Arsenal 1.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 Desember:

19:00   Crystal Palace vs Chelsea

21:15   Burnley vs West Ham United

21:15   Southampton vs Manchester City

23:30   Manchester United vs Bournemouth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Olahraga
| Selasa, 23 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement