EREDIVISIE PEKAN 18: Ajax Terus Pepet PSV

Penjaga gawang Ajax Amsterdam Andre Onana - Reuters/Toussaint Kluiters
24 Desember 2018 13:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Ajax Amsterdam terus menempel juara bertahan PSV Eindhoven di klasemen sementara Eredivisie Belanda setelah menekuk Utrecht dengan skor 3 - 1 dalam pertandingan pekan ke-17.

Bermain di Stadion Galgenwaard di Utrecht, tiga gol tamu dilesakkan Kasper Dolberg (14’), penalti Dusan Radic (60’), dan Frenkie de Jong saat pertandingan telah memasuki injury time, sedangkan sebiji gol hiburan bagi tuan ruah dicetak Nick Venema (74’).

Dengan tambahan 3 poin, Ajax terus merapat ke PSV di pucuk klasemen. Nilai PSV 48, sedangkan Ajax hanya berjarak 2 di belakangnya.

Sementara itu, Feyenoord Rotterdam gagal menjaga jarak nilai dengan Ajax setelah ditahan seri 2 - 2 oleh tuan rumah ADO di Stadion Cars Jeans di Den Haag.

Abdenasser El Khayati membawa ADO unggul pada menit ke-4. Feyenoord membalas lewat Steven Berghuis (45’) dan berbalik unggul ewat gol Sam Larsson (68’), tapi Abdenasser kembali menjebol gawang tamu pada menit 77 lewat titik penalti untuk mengakhiri pertandingan dengan skor 2 - 2.

Hasil ini membuat Feyenoord makin tertinggal dari PSV dan Ajax di klasemen sementara kompetisi level tertinggi dalam sistem sepak bola Belanda tersebut. Dengan nilai 36, Feyenoord tertinggal 10 angka dari Ajax dan 12 angka dari PSV.

Ajax, PSV, dan Feyenoord merupakan kekuatan tradisional sepak bola Negeri Kincir Angin. Ajax pengoleksi terbanyak gelar juara Eredivisie yakni 33 kali, diikuti PSV 24 kali termasuk musim lalu, sedangkan Feyenoord 15 kali.

Hasil pekan ke-17 yang berakhir pada Senin (24/12/2018) WIB: VVV Venlo 2 vs PEC 0; Fortuna Sittard 0 vs Groningen 0; NAC Breda 4 vs Heerenveen 2; PSV 3 vs AZ 1; Excelsior 0 vs Heracles 3; Utrecht 1 vs Ajax 3; De Graafschap 2 vs Vitesse 2; ADO 2 vs Feyenoord 2; Emmen 0 vs Willem II 2.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia