Dihukum Komdis PSSI Tanpa Penonton untuk Lima Pertandingan, Ini Tanggapan Manajemen PSIM Jogja

Aksi protes suporter PSIM Jogja kepada manajemen - Harian Jogja/Jumali
23 Desember 2018 15:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manajemen PSIM Jogja mengaku menerima dan siap menjalankan keputusan dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang dijatuhkan pada Sabtu (22/12/2018) petang.

Dalam keputusannya berdasarkan hasil sidang Komdis PSSI, 19 Desember 2018, PSIM dijatuhkan hukuman berupa larangan menghadiri tanpa penonton untuk pertandingan PSIM Jogja sebanyak 5 (lima) pertandingan. Keputusan ini diambil menyusul pelanggaran yang dilakukan oleh suporter PSIM Jogja saat pertandingan antara PS Tira melawan PSIM Jogja.

Dalam pertandingan tersebut, suporter PSIM terbukti turun ke dalam lapangan dan mengakibatkan pertandingan berhenti.


"Kami sudah menanyakan hal tersebut dan hukuman itu hanya berlaku untuk Piala Indonesia dan segala bentuk turnamen yang diselenggarakan oleh PSSI. Sehingga tidak berdampak kepada pelaksaanan laga di Liga 2 musim depan," kata Sekretaris PSIM Jogja, Jarot Sri Kastawa, kepada Harianjogja.com, Minggu (23/12/2018).

Menurut Jarot, dengan adanya keputusan ini, diharapkan semua pihak, utamanya suporter PSIM Jogja untuk lebih dewasa ke depan dan tidak mengulang kejadian yang sama. Dari segi manajemen, Jarot menyatakan dengan adanya hukuman tersebut, akan mendorong manajemen dan panpel PSIM Jogja untuk lebih bekerja maksimal agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Ini jadi pelajaran bersama. Karena hukuman Komdis sekarang tanpa ada pembelaan. Jika pun harus melakukan pembelaan harus melalui mekanisme banding," ucap Jarot.