Advertisement

PIALA DUNIA ANTARKLUB: Madrid Melaju Mulus & Akan Hadapi Kengototan Al Ain

Andhika Anggoro Wening & Chrisna Chanis Cara
Kamis, 20 Desember 2018 - 17:30 WIB
Budi Cahyana
PIALA DUNIA ANTARKLUB: Madrid Melaju Mulus & Akan Hadapi Kengototan Al Ain Gareth Bale - Reuters/Andrew Boyers

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAReal Madrid maju ke final Piala Dunia Antarklub 2018 setelah menghajar Kashima Antlers 3-1 dalam partai semifinal  yang digelar di Stadion Zayed Sports, Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (19/12/2018) malam waktu setempat. 

Tiga gol Madrid dilesakkan Gareth Bale. Gol pertamanya lahir di menit ke-44. Bale kembali menjebol gawang Kashima pada menit ke-55. Hanya berselang dua menit, Bale membuat hattrick melalui gol ketiganya pada menit 55 sehingga Real Madrid unggul 3-0. Gelandang Kashima, Shoma Doei, kemudian memperkecil ketinggalan pada menit ke-78.

Advertisement

Los Blancos akan bertemu klub tuan rumah Al Ain, yang secara mengejutkan menyingkirkan Juara Copa Libertadores, River Plate, dengan agregat skor 7-6 melalui dram adu penalti 5-4, setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal, Selasa (18/12/2018).

Sebelum mengalahkan River Plate lewat adu penalti, Al Ain yang berperan sebagai wakil tuan rumah pada ajang ini sudah mengalahkan juara di dua benua lain.

Mereka adalah Wellington FC (juara Oseania) yang dibekuk lewat adu penalti serta Esperance de Tunis (juara Liga Champions Afrika) yang digasak tiga gol tanpa balas.

Pelatih Al Ain asal Kroasia, Zoran Mamic, tak mampu menutupi kebahagiaannya setelah membawa tim lolos ke babak pamungkas. Dia menyamakan capaian The Boss, julukan Al Ain, dengan prestasi sensasional negaranya yang mampu menembus babak final Piala Dunia 2018.

“Namun saya berharap nasib kami tak seperti Kroasia [kalah di final] karena kami ingin hasil yang berbeda. Saya harap prestasi terbaik datang sebentar lagi,” ujar Mamic seperti dilansir Channel Sport Asia, Rabu.

Mungkin tak banyak yang menyangka Al Ain bakal memberikan perlawanan amat keras bagi River Plate yang baru saja menjuarai Copa Libertadores. Meski dikenal sebagai tim paling sukses di UEA dengan torehan 13 titel domestik serta satu gelar Liga Champions Asia 2003, Al Ain dianggap belum mampu menandingi kekuatan River yang diperkuat pemain macam Lucas Pratto, Leo Ponzio dan Franco Armani.

Namun Al Ain mampu membalikkan sejumlah prediksi. Tuan rumah bahkan sudah unggul 1-0 di menit ketiga lewat sepakan striker Timnas Swedia, Marcus Berg. River Plate langsung terbangun dengan gol tersebut dan langsung merespons lewat dwigol Rafael Santos Borre di menit ke-11 dan 16. Namun Al Ain kembali melawan dengan mencetak gol penyama kedudukan melalui Caio di menit ke-51. Laga pun berlanjut ke babak tos-tosan setelah tak ada gol tambahan hingga 120 menit pertandingan.

Seluruh penendang Al Ain sukses menunaikan tugasnya. Drama pun terjadi setelah tembakan Enzo Perez yang didaulat sebagai algojo terakhir River mampu dibaca kiper Al Ain, Khalid Essa. Al Ain pun meruntuhkan ambisi River menjadi klub Argentina pertama yang menjuarai Piala Dunia Antarklub. Bek Al Ain, Ismail, tak sabar bermain di babak final. Pemain 35 tahun ini tak mempermasalahkan siapa lawan yang mereka hadapi di laga pamungkas tersebut.

“Atmosfer final pasti berbeda. Kami akan bersiap memenangi itu, tak peduli lawannya Real Madrid,” ujar Ismail dilansir fifa.com.

Final Real Madrid melawan Al Ain akan digelar  Sabtu (22/12/2018) pukul 23:30 waktu UEA atau Minggu (23/12/2018) dini hari WIB.

Sebelum final, akan digelar terlebih dahulu pertandingan untuk memperebutkan posisi ketiga antara River Plate dan Kashima Antlers pada Sabtu (22/12/2018) pukul 20:30 waktu setempat atau pukul 23:30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement