Ada Satgas Mafia Bola, Permainan Skor Kini Dibidik Polisi

ilustrasi sepak bola - Istimewa
20 Desember 2018 21:50 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Satgas mafia bola kini dibentuk untuk mengawasi praktik curang dalam pertandingan sepak bola.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk memberangus mafia pengaturan skor sepak bola akan mengawasi setiap pertandingan dan wasit dalam tiap laga.

Dedi menjelakan, hal itu nantinya akan berkomunikasi dengan pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Nantinya, Satgas tersebut juga akan mengawasi pertandingan sepakbola, baik di Liga 1 maupun Liga 2.

"[Posisi PSSI] bidang mekanisme, SOP mengawasi suatu pertandingan dalam liga itu, PT liga, demikian juga club, juga komisi wasit. Yang bertanggung jawab dalam suatu pertandingan yang sama-sama diawasi betul betul memitigasi dalam hal pengaturan score di pertandingan tersebut," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Selain itu, Dedi menyebut, satgas mafia skor ini juga akan menangani kasus-kasus dugaan yang terjadi di masa lalu terkait pengaturan skor dalam setiap pertandingan sepakbola Indonesia.

"Satgas ini mau dibentuk, penanganan kasus skor masa lalu yang akan ditangani, karena sudah ada beberapa kasus tapi alat bukti masih belum cukup pada waktu itu," tutur Dedi.

Sumber : Okezone.com