Kalahkan Persiba Bantul 0-1, PSGC Ciamis Dapat Tiket ke Liga 2

Persiba Bantul vs PSGC Ciamis - Youtube
19 Desember 2018 17:31 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, CIAMIS - Peluang Persiba Bantul untuk meraih tiket ke Liga 2 2019 semakin tipis. Hal ini menyusul, kekalahan dari 0-1 dari PSGC Ciamis di babak 8 besar Wilayah Barat Liga 3 2018 di Stadion Galuh Ciamis, Rabu (19/12/2018) sore. Sebiji gol dicetak PSGC dicetak melalui sundulan kepala dari Ganjar Kurniawan di menit 90+2. Ganjar  yang lepas dari jebakan offside berhasil menanduk bola yang dikirim PSGC lainnya dan meletakkan bola di tiang jauh dari gawang Persiba.

Atas hasil ini, PSGC memastikan diri meraih satu tiket ke Liga 2 2019, setelah mengumpulkan 6 poin. Sedangkan Persiba sendiri harus puas berada di peringkat ketiga dengan 1 poin.

Sejak awal babak pertama, tuan rumah PSGC Ciamis langsung menekan pertahanan dari Persiba Bantul. Beberapa kali peluang didapatkan oleh PSGC melalui Ganjar Kurniawan, namun selalu gagal saat berhadapan dengan lini belakang Persiba Bantul.

Peluang manis didapatkan oleh Ganjar Kurniawan melalui tendangan bebas pada menit ke-10, namun tendangan dari kapten PSGC tersebut masih melebar dari gawang Jordyno Putra, kiper Persiba Bantul.

Sementara usaha Persiba Bantul memanfaatkan kecepatan Kasim Botan dan Untung Wibowo masih belum mampu mengubah kedudukan. Beberapa kali tendangan dari keduanya masih dengan mudah ditepis oleh Bayu Aldi, kiper PSGC.

Sedangkan memasuki menit ke-15, PSGC terus menggempur pertahanan Persiba Bantul. Bahkan pressing separuh lapangan diterapkan oleh Laskar Galuh. Namun beberapa peluang dari Muhammad Arip dan Dean Nurhaji masih mampu diblok oleh Jordyno Putra.

Hingga 2 menit tambahan babak pertama selesai, kedudukan tetap 0-0 untuk kedua kesebelasan.

Masuk babak kedua, PSGC langsung memperagakan permainan menyerang. Namun, lagi-lagi penyelesaian yang kurang maksimal membuat usaha dari PSGC selalu gagal. Sebaliknya, memasuki menit ke-65, Persiba baru keluar dari serangan. Tetapi, beberapa kali peluang yang ada, masih belum mampu dimaksimalkan.

Petaka terjadi di menit ke-69, berawal dari usaha pemain belakang Persiba menghalau bola justru berbuah hukuman penalti. Wasit Wawan Rapiko asal Kota Pekanbaru langsung menunjuk titik putih.

Sayang, Ardi yang didapuk mengeksekusi tendangan penalti gagal. Tendangannya mampu ditepis oleh kiper Jordyno Putra.

Usai gagal mengeksekusi tendangan penalti, pertandingan sempat dihentikan. Hal ini dilakukan setelah wasit Wawan Rapiko diamankan oleh petugas keamanan setelah adanya protes dari para pemain Persiba.