Mengapa Mou Kantongi Duit Kompensasi Ratusan Miliar Rupiah Setelah Dipecat MU?

Jose Mourinho - Reuters/Jason Caindurf
18 Desember 2018 21:15 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jose Mourinho kehilangan pekerjaan sebagai pelatih Manchester United mulai Selasa (18/12/2018) setelah  tim asuhannya kalah 1-3 melawan Liverpool dalam laga pekan 17 Liga Premier, Minggu (16/12/2018) malam. Namun, Mourinho tak kehilangan pundi-pundi uang.

Menurut The Guardian, Mourinho bakal mengantongi uang kompensasi tak kurang  dari 15 juta paun atau sekira Rp275 miliar. Sementara, media-media lain di Inggris, seperti Express dan Standard, menyebut angka yang lebih besar, yakni 24 juta paun atau setara Rp441 miliar.

Kompensasi tersebut karena Mou berhasil membawa United ke fase gugur Liga Champions. Seandainya United kandas di penyisihan grup, Mou tidak akan mendapat uang ganti rugi atas pemecatannya. Kontrak Mou di Old Trafford sebenarnya masih berlaku hingga medio 2020. Namun, petinggi klub sudah hilang kesabaran karena United melakoni start terburuk di kompetisi domestik dalam 28 tahun.

Puncaknya adalah ketika United kalah 1-3 dari Liverpool Minggu kemarin. United bermain bak tim medioker yang terlalu takut untuk menyerang. Padahal, Red Devils punya skuat mewah.

Mou sudah membelanjakan tak kurang dari 400 juta paun untuk membeli pemain sejak 2016, termasuk menggelontorkan 89 juta paun untuk membeli Paul Pogba sekaligus memecahkan rekor pemain termahal di dunia. Namun, di bawah Mou, Pogba malah meredup dan potensinya sebagai pemain terbaik dunia pun menguap.

Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan yang diperoleh Mourinho tiga tahun silam setelah kehilangan pekerjannya sebagai pelatih Chelsea.

Pada pemecatan yang diumumkan 17 Desember 2015 itu, Mourinho bersama staf kepelatihannya disebut mendapatkan uang kompensasi sebesar 8 juta paun atau sekira Rp146,6 miliar.

Kompensansi yang diberikan United kepada Mou, menurut versi The Guardian, hanya sepertiga dari jumlah yang diterima pelatih kelahiran Portugal itu saat kali pertama dipecat dari kursi pelatih Chelsea pada 2007 silam, yakni sebesar 20 juta paun atau sekira Rp367 miliar.

Sebelumnya, ketika hijrah dari Inter Milan untuk melatih Real Madrid pada 2010, Madrid membayarkan uang kompensasi sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp131,7 miliar kepada Inter sebagai mahar mendapatkan Mourinho.