Advertisement

Qatar Perkenalkan Stadion Final Piala Dunia 2022

Chrisna Chaniscara
Senin, 17 Desember 2018 - 16:15 WIB
Budi Cahyana
Qatar Perkenalkan Stadion Final Piala Dunia 2022 Penampakan rancangan Stadion Lusail yang akan dipakai sebagai lokasi pembukaan dan final Piala Dunia 2022 di Qatar. Stadion berkapasitas 80.000 orang itu menggunakan gaya arsitektur khas Arab. (sc.qa)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Qatar memamerkan kemegahan Stadion Lusail yang akan menjadi venue laga pembukaan dan final Piala Dunia 2022. Venue berkapasitas 80.000 ini akan menjadi stadion terbesar dalam Piala Dunia perdana yang bakal berlangsung di jazirah Arab.

Rancangan Stadion Lusail diungkap dalam sebuah acara gala di Doha, Sabtu (15/12/2018). Desain rancangan firma asal Inggris, Foster+Partners tersebut merupakan desain kedelapan yang diperkenalkan Supreme Committee for Delivery and Legacy (SC), badan yang bertugas menyiapkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Advertisement

Rancangan stadion menggunakan gaya arsitektur Arab sebagai perayaan tradisi kuno keterampilan negara penyelenggara. Hal itu muncul pada penggunaan fanar, lentera khas kawasan Arab, yang mengelilingi stadion.

Proses konstruksi stadion sendiri sudah berjalan sejak 1 April 2017. Sekjen FIFA, Fatma Samoura, memuji komitmen istimewa Qatar yang terus berkelanjutan dalam membangun Stadion Lusail. “Stadion-stadion yang ada termasuk stadion megah yang pernah ada di dunia dan venue yang ditawarkan untuk laga final sangat indah,” ujar Fatma seperti dilansir sc.qa, Sabtu (15/12/2018).

Terletak 15 kilometer di utara Central Doha, stadion akan menjadi pusat dari Lusail City, yang pembangunannya sekitar 90% selesai. Setelah Piala Dunia 2022 selesai, Lusail akan diubah menjadi ruang komunitas multifungsi yang mencakup sekolah, kafe, fasilitas olahraga, klinik kesehatan, serta pusat perbelanjaan. Untuk memfasilitasi perubahan itu, kapasitas stadion akan dikurangi dari 80.000 menjadi 20.000.

“Stadion baru ini merupakan penghormatan kami atas sejarah serta menjadi simbol masa depan yang cerah. Dibangun di tempat yang sama dengan rumah pendiri negara kami, lokasi stadion ini tepat berada di jantung kota yang baru,” ujar Sekjen SC, Hassan Al Thawadi.

Piala Dunia di Qatar akan dimulai 21 November 2022. Sebelumnya, negara Teluk tersebut mengalahkan para pesaing seperti Australia, Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement