Advertisement

KALTENG PUTRA VS PSS SLEMAN : Preview dan Prediksi

Jumali
Sabtu, 24 November 2018 - 11:55 WIB
Jumali
KALTENG PUTRA VS PSS SLEMAN : Preview dan Prediksi PSS Sleman vs Kalteng Putra - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, PALANGKARAYA - Konsistensi permainan dari PSS Sleman kembali diuji saat leg 1 semifinal Liga 2 melawan tuan rumah Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (25/11/2018) sore. Raihan poin menjadi harga mati bagi PSS Sleman demi menjaga peluang meraih tiket ke babak final.

PSS lolos ke babak semifinal dengan status juara Grup B dengan rekor sempurna, usai mengumpulkan 10 poin dan mencetak 9 gol dari 2 pertandingan terakhir babak 8 Besar Liga 2 2018. Sedangkan Kalteng Putra lolos ke babak semifinal setelah menjadi runner-up Grup A. Mereka mengumpulkan 10 poin, dan mencetak 8 gol serta kemasukan 7 gol selama babak 8 besar.

Di sisi lain, pertemuan kedua kesebelasan ini adalah pertemuan ketiga. Sebelumnya kedua kesebelasan sempat berjumpa dengan rekor saling mengalahkan. PSS sempat dikalahkan 1-0 oleh Kalteng Putra di babak penyisihan wilayah timur, dan Kalteng sempat dikalahkan PSS di Stadion Maguwoharjo dengan skor sama, 1-0.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Namun, peta kekuatan dari kedua kesebelasan, kali ini sudah banyak berubah. Penambahan dan perombakan pemain di babak 8 besar membuat kedua tim memiliki kekuatan yang tidak bisa dianggap remeh. Sementara jika melihat rekor yang dimiliki Kalteng Putra saat bermain di kandang, kewaspadaan penuh perlu diusung oleh PSS Sleman. Sebab, kandang tim Isen Mulang, selama ini dikenal angker. Tercatat dari 15 laga kandang hingga fase penyisihan Grup babak 8 besar lalu, Kalteng Putra menyapu bersih 13 pertandingan dengan kemenangan.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantoro mengatakan, Kalteng Putra saat ini diperkuat oleh dua mantan pemain PSS yakni Yericho Christiantoko, I Made Adi Wirahadi, namun hal tersebut tidak menjadikan timnya khawatir. Justru, kewaspadaan perlu diusung oleh Bagus Nirwanto dan kawan-kawan terhadap semua pemain Kalteng Putra. Sebab, ada sejumlah pemain berpengalaman yang kini direkrut oleh Kalteng di babak 8 besar lalu.

"Mereka tim bagus. Mereka siap dari semua sisi, apalagi penambahan materi pemain yang mampu mengangkat performa tim. Kami siapkan antisipasi baik ketika bermain di Palangkaraya maupun di Sleman. Mudah-mudahan pemain bisa memahami yang saya inginkan," katanya.

Seto menambahkan, dengan sisa waktu yang mepet, kini pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Penjagaan kondisi kebugaran menjadi titik tekannya jelang menghadapi Kalteng Putra. Oleh karena itu, kemungkinan dirinya akan menyiapkan rotasi pemain di beberapa sektor.

"Dan ini tidak akan banyak. Kami tetap main normal. Soal rotasi seperti apa, nanti kami lihat kondisi terakhir mereka. Untuk mengubah secara total cara bermain juga tidak mungkin. Kami akan coba mengatur tempo bermainnya," lanjut Seto.

Sementara disinggung mengenai kondisi lapangan yang tidak rata dan akan menyulitkan Super Elja menampilkan permainan dari kaki ke kaki, pelatih asal Kalasan ini menyatakan, pihaknya sudah menekankan kepada para pemain untuk lebih menikmati pertandingan. "Sebisa mungkin kami main efisien, dan akan ada perubahan nantinya," ucap Seto.

Advertisement

Selain itu, Seto menegaskan jika pembenahan compact defend juga terus dilakukan timnya jelang berhadapan dengan Kalteng Putra. Adapun tujuan dari penerapan compact defense ini adalah untuk membantu irama dan tempo permainan PSS nantinya. "Nanti kami terapkan di sana," kata Seto.

Sementara misi meraih poin penuh diusung oleh Kalteng Putra atas PSS Sleman. Asisten Pelatih Kalteng Putra Bambang Sumantri menyatakan sudah mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin untuk meraih kemenangan atas PSS.

"Siapapun lawan Kalteng Putra itu adalah tim yang terbaik dalam semifinal, sehingga semua pemain jangan terlena, karena masuk semifinal," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Awal Bulan Depan, Delegasi FIM Kunjungi Sirkuit Mandalika

Olahraga
| Kamis, 29 September 2022, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement