PEKAN X SERIE A: Ditahan Roma, Napoli Gagal Dekati Juventus

Dries Mertens - Reuters/Ciro de Luca
29 Oktober 2018 16:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Napoli nyaris menelan kekalahan di hadapan pendukung sendiri kala menghadapo AS Roma di laga pekan kesepuluh Serie A 2018/2019. Penyerang Belgia Dries Mertens menjadi penyelamat Partenopei berkat golnya di menit akhir sehingga laga berkesudahan 1-1.

Bermain di Stadion San Paolo di Naples pada Senin (29/10/2018) pagi WIB, tamu dari ibu kota membuka keunggulan pada menit ke-14 melalui Stephan El-Shaarawy yang dari jarak 6 meter dari gawang mengubah arah bola tembakan Cengiz Under.

Menjelang turun minum, striker Roma Edin Dzeko hampir menggandakan keunggulan tim tamu, tetapi bidikannya masih dapat disapu bek Napoli Raul Albiol di garis gawang.

Napoli mendominasi jalannya pertandingan terutama pada babak kedua dengan penguasaan bola secara keseluruhan mencapai sekitar 63 persen.

Jose Maria Callejon dan Dries Mertens, yang masuk pada menit ke-55 menggantikan Arkadiusz Milik, sempat menjebol gawang Roma, tetapi gol keduanya dianulir oleh wasit Davide Massa lantaran offside.

Mertens akhirnya mencetak gol penyeimbang kedudukan menjadi 1 – 1 pada menit ke-90 melalui tendangan voli dari jarak dekat yang menuntaskan serangan yang dibangun Callejon dan Lorenzo Insigne.

Dengan hasil itu, upaya Napoli mendekati Juventus di posisi teratas terhambat. Partenopei tetap di posisi kedua dengan koleksi 22 angka, tertinggal 6 poin dari Juventus di puncak klasemen. Sementara itu, Roma mengisi slot kedelapan dengan mengoleksi nilai 15.

Dalam pertandingan lainnya, AC Milan menundukkan Sampdoria, yang diperkuat penjaga gawang berdarah Indonesia Emil Audero Mulyadi, dengan skor tipis 3 – 2.

Bertarung di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, tuan rumah membuka skor pada menit ke17 melalui gol Patrick Cutrone.

Namun, Sampdoria berhasil melesakkan dua gol balasan untuk berbalik unggul 1 – 2 lewat kontribusi gol-gol Riccardo Saponara (21’) dan Fabio Quagliarella (31’).

Milan kembali bangkit setelah Gonzalo Higuain mencetak gol penyama skor menjadi 2 – 2 pada menit ke-36 yang bertahan hingga rehat.

Pada babak kedua, tuan rumah menghasilkan gol ketiga melalui Suso alias Jesus Joaquin Fernandez pada menit ke-62. Skor 3 – 2 bertahan hingga wasit Fabio Maresca mengakhiri pertandingan.

Berkat tambahan tiga poin, Milan kini mendulang nilai 15 dan menduduki posisi kelima. Sampdoria juga mengoleksi 15 angka, tetapi berada dua setrip di bawah Milan, karena kalah head to head. Di antara kedua tim itu, di slot keenam, ada Fiorentina, juga dengan nilai 15.

Pekan ke-10 masih menyisakan satu pertandingan lagi yakni Lazio menjamu Inter Milan pada Selasa (30/10/2018) mulai pukul 02.30 WIB.

Hasil pertandingan pekan ke-10 hingga Senin (29/10/2018) pagi WIB: Atalanta 3 vs Parma 0; Empoli 1 vs Juventus 2; Torino 1 vs Fiorentina 1; Sassuolo 2 vs Bologna 2; Cagliari 2 vs Chievo Verona 1; Genoa 2 vs Udinese 2; SPAL 0 vs Frosinone 3; AC Milan 3 vs Sampdoria 2;  Napoli 1 vs AS Roma 1.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia