PEKAN IX BUNDESLIGA: Munchen Kembali Menang, Niko Kovac Tetap Sewot

Niko Kovac - Reuters/Ralph Orlowski
28 Oktober 2018 17:15 WIB Budi Cahyana & M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Bayern Munchen menaklukkan tuan rumah Mainz 05 dengan skor tipis 2 – 1 dalam laga pekan kesembilan Bundesliga 2018/2019, Sabtu (27/10/2018). Hasil ini membawa juara bertahan ke peringkat kedua, menempel pemuncak klasemen Borussia Dortmund yang dipaksa imbang 2 – 2 di kandang oleh tamunya Hertha Berlin.

Dalam pertandingan di Opel Arena di Mainz, Leon Goretzka membuka keunggulan tamu tujuh menit menjelang rehat. Namun, ketika babak kedua, baru berjalan tiga menit, Jean-Paul Boetius mampu membawa Mainz 05 menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Pada akhirnya Munchen menunjukkan kemampuannya yang lebih mumpuni untuk mengangkut pulang tiga angka setelah Thiago Alcantara menyambar assist Robert Lewandowski pada menit ke-62 dan membawa skuat asuhan Niko Kovac menang 2 – 1.

"Ini kemenangan sulit untuk kami dan kami tidak bermain sebagus yang kami inginkan," ujar pelatih Bayern Niko Kovac.

"Dalam situasi seperti ini, kami harus puas karena bisa menang tiga kali beruntun."

Kovac sempat terancam kehilangan pekerjaan setelah Bayern kalah 0-3 dari Gladbach di pekan ketujuh Bundesliga dan ditahan imbang Ajax 1-1 di Liga Champions. Namun, pekan lalu Bayern bangkit di Bundesliga dengan mengalahkan Wolfsburg 3-1 dan di Liga Champions menekuk AEK Athens 2-0.

Kovac sangat kecewa ketika Mainz mampu menyamakan kedudukan. "Ketika mencetak gol balasan, saya tidak waswas, tetapi marah. Pemain kami kurang konsentrasi, Mereka seperti tertidur saat menghadapi umpan silang. Ini membuat kami kesulitan."

Akibat kekalahan kali ini, Mainz 05 tertahan di peringkat ke-12 klasemen sementara dengan koleksi poin sembilan . Sementara itu, Munchen naik tiga setrip ke posisi kedua dengan nilai 19.

Dortmun Imbang

Bayern memangkas jarak dengan Dortmund yang ditahan imbang 2 – 2 di kandang sendiri, Stadion Signal Iduna Park, dengan skor 2 – 2 oleh Hertha Berlin.

Pemain yang baru dipercaya masuk skuat Timnas Inggris, Jadon Malik Sancho, membawa Dortmund unggul dua kali, 1 – 0 dan 2 – 1, lewat dua golnya pada menit ke-27 dan 61. Namun, Hertha Berlin mampu pula dua kali menyamakan kedudukan melalui gol yang diborong Salomon Kalou (41’) dan penalti saat injury time babak kedua.

Dortmund tetap memuncaki klasemen, tetapi hasil itu membuat jarak nilainya tinggal 2 angka dengan peringkat kedua Bayern Munchen. Sementara itu, Hertha Berlin menduduki peringkat kelima dengan koleksin 16 angka.

Hasil pekan kesembilan hingga Sabtu: Freiburg 3 vs Borussia Monchengladbach 1; Borussia Dortmund 2 vs Hertha Berlin 2; Hannover 1 vs Augsburg 2; Mainz 1 vs Bayern Munchen 2; Fortuna Dusseldorf 0 vs Wolfsburg 3; Hoffenheim 4 vs Stuttgart 0.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 28 Oktober:

19:30   Nurenberg vs Eintracht Frankfurt

21:30   RB Leipzig vs Schalke 04

Senin, 29 Oktober:

00:00   Werder Bremen vs Bayer Leverkusen.