Liverpool Tekuk Cardiff 4 - 1, Shaqiri Kembali Bikin Klopp Girang

Xherdan Shaqiri - Reuters/Russel Cheyne
28 Oktober 2018 16:55 WIB Budi Cahyana & M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Liverpool mencukurCardiff City dengan skor 4 – 1 dalam pertandingan pekan ke-10 Liga Premier 2018/2019 di Stadion Anfield, Liverpool, pada Sabtu (27/10/2018) malam WIB. Kemenangan dengan skor besar ini tak diraih dengan mudah. Gelandang Xherdan Shaqiri kembali menunjukkan performa menawan dengan mengkreasi banyak peluang dan bahkan mencetak gol meski masuk dari bangku cadangan.

Mohamed Salah dan Sadio Mane bermain gemilang dalam laga tersebut. Salah mencetak satu gol dan memasok dua assist, sedangkan Sadio Mane mengontribusi dua gol. Salah membuka keunggulan tuan rumah berjuluk The Reds ketika pertandingan baru memasuki menit ke-10. Skor 1 – 0 bertahan hingga rehat.

Pada babak kedua, Sadio Mane mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-66, tetap Cardiff City, satu-satunya klub Wales yang berkompetisi di Liga Primer Inggris musim ini, sempat memperkecil skor menjadi 2 – 1 pada menit ke-77 melalui gol Callum Paterson.

Xherdan Shaqiri, yang masuk di menit ke-61 menggantikan Adam Lallana kemudian memperlebar jarak. Geolandang Swiss itu menyambar assist Mohamed Salah pada menit ke-84 untuk menjadikan skor 3 – 1. Berselang tiga menit kemudian giliran Sadio Mane yang memaksimalkan umpan Salah untuk mengakhiri pertandingan dengan skor 4 – 1.

"Kami mencetak gol cepat tetapi setelah itu kesulitan. Ini pertandingan yang berat karena mereka bermain dengan mengandalkan kekuatan fisik, Tetapi kemenangan ini menunjukkan kami bisa terus membaik sampai akhir laga. Ini baru awal musim. Masih banyak pertandingan menanti," ujar Shaqiri sebagaimana dilansir situs Liverpool.

Pelatih Jurgen Klopp pun memuji andil Shaqiri dalam laga ini. Menurut Klopp, pemain yang baru saja direkrut dari Stoke City tersebut, bisa memberi dimensi lain dalam permainan Liverpool. "Shaqiri masuk dan terlibat dalam dua gol kami. Saya pikir ini sangat bagus," kata Klopp.

Klopp juga memuji Shaqiri saat Liverpool mengalahkan Red Star Belgrade di Liga Champions tengan pekan lalu.

Di Liga Premier, Liverpool kini mendulang nilai 26, menggeser juara bertahan Manchester City ke urutan kedua dalam susunan klasemen sementara.

Namun, City berpotensi memulihkan lagi kekuasaannya di puncak klasemen apabila mampu menundukkan tuan rumah Tottenham Hotspur pada Selasa (30/10/2018) dini hari WIB. Nilai City saat ini 23 dengan selisih gol yang lebih baik dari Liverpool yakni 23 berbanding 16.

Sementara itu, bagi Cardiff City, kekalahan ini menahannya di posisi ke-17 atau hanya satu setrip persis di atas zona merah degradasi, dengan nilai 5.

Hasil pekan ke-10 hingga Sabtu pk. 23.30 WIB: Brighton & Hove Albion 1 vs Wolverhampton Wandeers 0; Fulham 0 vs Bournemouth 3; Liverpool 4 vs Cardiff City 1; Southampton 0 vs Newcastle United 0; Watford 3 vs Huddersfield Town 0.

Jadwal berikutnya (WIB):

Sabtu, 27 Oktober:

23:30   Leicester City vs West Ham United

Minggu, 28 Oktober:

20:30   Burnley vs Chelsea

20:30   Crystal Palace vs Arsenal

23:00   Manchester United vs Everton

Selasa, 30 Oktober:

03:00   Tottenham Hotspur vs Manchester City.