Piala AFC U-19: Tampil Heroik, Indonesia Lolos ke Perempat Final & Akan Hadapi Jepang

Witan Sulaeman - Antara/Sigid Kurniawan
24 Oktober 2018 21:30 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Indonesia U-19 tampil heroik di laga terakhir Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/2018). Garuda Muda mengalahkan tim kuat Uni Emirat Arab (UEA) U-19 dengan skor tipis 1-0 berkat gol Witan Sulaeman di menit ke-23.

Indonesia lolos ke perempat final sebagai runner up. Sementara, Qatar menjadi juara grup setelah di laga terakhir menekuk Taiwan 4-0. Anak asuh Indra Sjafri tampil sangat gigih dan solid meski sejak menit ke-53 bermain dengan 10 orang setelah kapten Nurhidayat diberi kartu merah karena menekel pemain UEA.

Tak seperti saat melawan Qatar, lini belakang Garuda Muda tampil lebih disiplin dan tenang. Gempuran serangan bertubi-tubi dari Qatar mampu diredam. Hingga akhir pertandingan, Indonesia tetap unggul 1-0.

Di perempat final, Indonesia akan melawan Jepang yang sudah dipastikan menjadi juara Grup B. Tiga tim dari Grup B masih punya peluang yang sama untuk lolso ke perempat final melawan Qatar, yakni Thailand, Korea Utara, dan Irak.

Jepang dipastikan lolos sebagai juara grup karena sudah menyapu dua kemenangan dan mengoleksi enam angka. Laga terakhir Jepang adalah menghadapi Irak. Sementara, Korea Utara melawan Thailand. Korea Utara kini mengoleksi tiga angka. Thailand serta Irak masing-masing satu angka dan tak mungkin menyamai poin Jepang. Jika Jepang kalah, nilainya masih bisa disamai Korea Utara (dengan catatan Korea Utara mengalahkan Irak). Namun, Jepang tetap menjadi juara grup karena unggul head to head atas Korea Utara.

Laga perempat final Jepang melawan Indonesia akan berlangsung di SUGBK, Minggu (28/10/2018) malam pukul 19.30 WIB.