Prediksi Barca Vs Inter: Azulgrana Mencari Formula Tanpa Messi

Ousmane Dembele - Reuters/Albert Gea
24 Oktober 2018 14:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona adalah Lionel Messi. Begitulah anggapan sebagian orang saking besarnya peran Messi untuk Barcelona selama ini.

Namun, Barca tidak bisa memainkan jimat mereka tersebut selama tiga pekan ke depan. Messi yang mengalami cedera retak tulang lengan kanan saat melawan Sevilla akhir pekan lalu hanya bisa menjadi penonton ketika rekan-rekannya bermain di pertandingan besar hingga medio November nanti.

Nah, Barca harus bisa membuktikan mereka bisa hidup tanpa Messi. Pembuktian untuk menepis Messidependencia (ketergantungan terhadap Messi) itu akan dimulai ketika pasukan Ernesto Valverde menjamu Inter Milan di Camp Nou, Barcelona, Kamis (25/10) pukul 02.00 WIB (disiarkan langsung RCTI).

Blaugrana, julukan Barca, pantas optimistis meski tidak diperkuat Messi dalam matchday ketiga Grup B Liga Champions tersebut. Tanpa Messi, persentase kemenangan Barca masih mencapai 78% di Liga Champions sejak penyerang berjulul La Pulga itu melakoni debut pada musim 2005/2006. Perinciannya yakni 18 kemenangan dalam 23 pertandingan.

“Ini Barcelona. Kami tim yang kuat dan kami cukup untuk menjadi tim yang tidak  bergantung pada satu pemain,” ujar Messi, seperti dilansir sports.yahoo.com, Selasa (23/10/2018).

Valverde memiliki beberapa opsi untuk menggantikan posisi Messi. Salah satunya dengan menempatkan Ousmane Dembele di sisi kanan serangan dalam formasi 4-3-3. Pemain berjuluk The Mosquito itu menggantikan Messi ketika ditarik keluar lapangan pada menit ke-25 melawan Sevilla. Masuknya Dembele tidak membuat serangan Barca menjadi kendur. Eks winger Borussia Dortmund itu memiliki kecepatan lari di atas rata-rata untuk mengobrak-abrik sisi kiri pertahanan lawan.

Formasi Alternatif

Alternatif lainnya, Valverde bisa memakai formasi 4-4-2 dengan menarik maju pemain serbabisa Sergi Roberto ke sisi kanan serangan berdampingan dengan Luis Suarez. Dalam analisis Tribuna, Sergi Roberto bisa ditopang Rafinha. Sedangkan pos bek kanan diserahkan Nelson Semedo.

Valverde juga masih memiliki Munir El Haddadi, Malcom, hingga Carles Alena untuk bisa dimainkan di posisi yang ditinggalkan Messi. Meski demikian, Valverde tetap harus waspada. Musim ini, Barca yang tidak diperkuat Messi hanya bermain imbang 1-1 ketika melawan Athletic Bilbao di Liga Primera, akhir September lalu.

Inter tentu gembira Barca tidak akan diperkuat pemain yang memborong 10 gol dalam 12 pertandingan untuk raksasa Catalan musim ini tersebut. Nerazzurri, julukan Inter, dalam tren apik yakni menang tujuh kali beruntun, termasuk menundukkan AC Milan 1-0 pada Derby della Madonnina, Senin (22/10/2018) dini hari WIB. Namun absennya Messi justru membuat kompatriotnya, Mauro Icardi, kecewa.

“Menyedihkan Messi tidak bisa berada di sana karena akan menyenangkan andai bisa melawan pesepak bola hebat sepertinya, salah satu terbaik di dunia,” jelas Icardi yang memborong enam gol dan dua assist dalam tujuh penampilannya bersama Inter musim ini, seperti dilansir as.com.

Sumber : JIBI/Solopos