Piala AFC U-19 2018: Indonesia Nyaris Comeback Heroik

Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan gol Todd Rivaldo Ferre. - Antara/Awhyu Putro
21 Oktober 2018 22:25 WIB Ahmad Baihaqi Sepakbola Share :

Solopos.com, JAKARTA - Indonesia U-19 menelan kekalahan 5-6 dari Qatar U-19 pada matchday kedua Grup A Piala Asia U-19 2018. Indonesia sempat tertinggal 1-6 hingga menit ke-63 dan nyaris saja menyamakan kedudukan.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (21/10/2018) malam WIB, Indonesia coba menyerang sejak awal. Mereka pun mendapat peluang lewat sundulan Rafli Mursalim serta gebrakan Saddil Ramdani. Namun dua peluang tersebut belum membuahkan hasil.

Namun, Indonesia justru kebobolan lebih dulu di menit ke-10. Gol ini bermula dari kesalahan Nur Hidayat. Kapten Timnas Indonesia U-19 gagal mengantisipasi bola crossing di kotak penalti. Bola pun jatuh di kaki Hashim Ali yang kemudian bisa menceploskan bola ke gawang.

Qatar bahkan mampu menggandakan keunggulan, empat menit kemudian. Abdul Rasheed mendapat umpan terobosan. Dia lantas berlari cepat ke kotak penalti dan mengakhirinya dengan tendangan keras. Bola meluncur deras ke gawang tanpa bisa diantisipasi M. Riyandi. Skor 0-2 untuk Qatar.

Indonesia semakin tertinggal di menit ke-23. Muhammad Waad mampu mencatatkan namanya di papan skor dan mengubah keunggulan menjadi 0-3 untuk Qatar. Waad melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola sempat mengenai Nurhidayat sebelum masuk ke gawang.

Indonesia baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-27. M. Luthfi Kamal berhasil mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Sepakannya meluncur deras ke gawang Qatar. Skor berubah menjadi 1-3.

Namun kedudukan kembali menjauh menjadi 4-1 untuk Qatar di menit ke-40. Abdul Rasheed mencetak gol keduanya lewat tembakan keras di dalam kotak penalti. Skor ini tetap bertahan hingga jeda turun minum.

Di awal babak kedua, Qatar berhasil menambah dua gol lagi. Hashim Ali mencetak gol di menit ke-50 setelah memanfaatkan kemelut di kotak penalti. Sementara Abdul Rasheed sukses mencetak hattrick di menit ke-55. Skor pun berubah menjadi 6-1 untuk Qatar.

Setelah itu, Indonesia mampu mencetak tiga gol untuk memperkecil kedudukan. Rivaldo Todd Ferre mampu melesakkan dua gol pada menit 63 dan 73. Sementara satu gol lainnya dibuat oleh Saddil Ramdani pada menit ke-68. Skor pun menjadi 6-4.

Bahkan Rivaldo mampu mencetak hattrick untuk mengubah kedudukan menjadi 6-5. Rivaldo mencetak gol ketiganya di menit ke-80 setelah melakukan aksi individual dengan melewati sejumlah pemain Qatar. Skor tersebut bertahan hingga laga usai meski Indonesia terus menyerang sepanjang sisa waktu. 

Indonesia selajutnya menghadapi Uni Emirat Arab di laga terakhir, Rabu (24/10/2018). Ini bakal menjadi laga berat karena Indonesia harus menang  dan berharap di pertandingan lain Qatar tidak mengalahkan Taiwan. Piala AFC mendahulukan head to head ketimbang agregat gol untuk menentukan tim bernilai sama yang berhak lolos.

Sumber : JIBI/Solopos