Rangkuman Pekan X Liga Prancis: Henry Kalah di Laga Debut, PSG Tak Bisa Dihentikan

Thierry Henry - Reuters/Vincent Kessler
21 Oktober 2018 16:55 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjigja.com, JOGJA – Thierry Henry, legenda sepak bola Prancis, menuai kekecewaan dalam debutnya sebagai pelatih kepala sebuah tim, setelah AS Monaco ditekuk tuan rumah Strasbourg 1 – 2. Sementara, PSG sudah tiga kali menang dengan selisih lima gol.

Dalam pertandingan pekan ke-10 Ligue 1 Prancis pada Minggu (21/10/2018) dini hari WIB di Stadion De La Meinau di Strasbourg, Monaco hanya mampu memperkecil kekalahan lewat titik penalti pada injury time babak kedua yang dieksekusi Yoeri Tielemans.

Gol itu tidak cukup untuk membalas dua gol tuan rumah yang dilesakkan Adrien Thomasson pada menit ke-17 melalui sundulan dan Lebo Mothiba dengan tendangan chip enam menit sebelum waktu reguler 90 menit usai.

Ketika menjebol gawang Monaco yang dikawal kiper Seydou Sy, Mothiba baru tiga menit masuk lapangan menggantikan Benjamin Corgnet.

Lebih menyedihkan lagi, Monaco mesti menyudahi pertandingan dengan hanya 10 pemain. Samuel Grandsir menerima langsung kartu merah, tanpa didahului kartu kuning, pada menit ke-66, hanya 2 menit setelah masuk menggantikan Stefan Jovetic, akibat melanggar keras Anthony Goncalves.

Akibat pelanggaran keras itu, Goncalves harus keluar lapangan digantikan dengan Dimitri Lienard.

Monacomengalami kerugian besar setelah striker andalan asal Kolombia Radamel Falcao cedera dan harus digantikan oleh Moussa Sylla 8 menit menjelang rehat.

Dengan kekalahan ini, Monaco, runner up musim lalu, terpuruk di zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-19 dari 20 tim dengan nilai enam, sama dengan Guingamp yang juga mengoleksi enam angka, tetapi memiliki selisih gol yang lebih baik. Sementara, Strasbourg, yang ditukangi eks-bek Timnas Prancis Thierry Laurey, 54 , menempati peringkat keenam dengan koleksi 15 angka.

Tak Terhenti

Paris Saint-Germain (PSG) tidak bisa dihentikan dan sudah memenangi 10 laga awal Ligue 1 Prancis musim ini setelah membekuk Amiens dengan skor telak 5 – 0 dalam pertandingan pekan ke-10 pada Sabtu (20/10/2018) WIB.

Pelatih PSG Thomas Tuchel mengistirahatkan penyerang asal Brasil Neymar da Silva Jr. dalam pertandingan ini dan mempersiapkannya untuk menghadapi laga Liga Champions Eropa melawan Napoli pada Kamis (25/10/2018) dini hari WIB.

Kelima gol PSG di Stadion Parc des Princes dihasilkan oleh Marquinhos (12’), Adrien Rabiot (42’), Julian Draxler (80’), Kylian Mbappe (82’), dan Moussa Diaby (87’).

Penyerang asal Uruguay Edinson Cavani diturunkan secara penuh oleh Tuchel, tetapi gagal menjaringkan satu gol pun.

Dengan menyapu bersih 10 laga awal, PSG mengoleksi nilai sempurna 30 di posisi teratas klasemen sementara Ligue 1, jauh meninggalkan peringkat kedua Lille dengan koleksi 19 angka.

Ini kemenangan ketiga beruntun PSG dengan selisih lima gol. Pada Ligue 1 pekan sebelumnya, PSG menggasak Lyon juga 5 – 0 dan pada 7 Oktober lalu menang 6 – 1 atas klub Serbia Red Star Beograd di Liga Champions Eropa.

Hasil pekan ke-10 hingga Minggu dini hari WIB: Lyon 2 vs Nimes 0; Paris Saint-Germain 5 vs Amiens 0; Caen 0 vs Guingamp 0; Dijon 1 vs Lille 2; Nantes 4 vs Toulouse 0; Stade Reims 1 vs Angers 1; Strasbourg 2 vs AS Monaco 1.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 21 Oktober:

20:00   Montpellier vs Bordeaux

22:00   Saint-Etienne vs Stade Rennais

Senin, 22 Oktober:

02:00   Nice vs Marseille.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia