Rangkuman Pekan IX Liga Spanyol: Barcelona Puncaki Klasemen, Messi Cedera 3 Pekan

Lionel Messi cedera lengan saat menghadapi Sevilla. - Reuters/Alberrt Gea
21 Oktober 2018 16:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Barcelona kembali memuncaki klasemen sementara La Liga Spanyol setelah menundukkan Sevilla dengan skor 4 - 2 dalam pertandingan pekan kesembilan pada Minggu (21/10/2018) dini hari WIB.

Sayangnya, kemenangan atas Sevilla, penguasa klasemen pada pekan kedelapan, harus dibayar mahal dengan cederanya Lionel Messi. Tulang lengan kanan Messi retak akibat salah posisi jatuh setelah berbenturan dengan pemain Sevilla Franco Vazquez. Dia digantikan Ousmane Dembele pada menit ke-25.

Cedera itu membuat Messi tak bisa bermain dalam El Clasico melawan Real Madrid pada 28 Oktober nanti karena proses pemulihannya diperkirakan memakan waktu paling cepat tiga pekan.

Barca unggul cepat setelah pada menit ke-2. Philippe Coutinho memaksimalkan umpan terobosan dengan tendangan menusuk sudut kiri atas gawang Sevilla yang dikawal kiper Tomas Vaclik dan mengubah skor menjadi 1 – 0.

Penyerang sayap Sevilla Guilherme Arana sempat hampir menyamakan skor, tetapi tendangan keras mendatarnya dari luar kotak penalti hanya menghantam tiang kiri gawang Barca yang dikawal kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barca kemudian justru berhasil melesakkan gol kedua lewat pada menit ke-12 tendangan kaki kiri Messi tepat dari garis penalti setelah memanfaatkan kesalahan kordinasi para pemain Sevilla. Bidikan mendatarnya bersarang di sudut kanan bawah gawang Sevilla, 2 – 0.

Tanpa Messi, daya gedor Barca jauh menurun. Sevilla sempat dirugikan oleh keputusan wasit Juan Martizen yang tidak memberi penalti padahal sangat jelas Barca Sergio Busquets handsball di dalam area kotak terlarang.

Sevilla juga punya peluang emas saat sundulan kepala Andre Silva yang mengarah ke sudur kanan atas gawang bisa ditepis Ter Stegen, bola rebound dihajar Vazquez, tetapi lagi-lagi Ter Stegen mampu mengebloknya.

Peluang juga dimiliki Barca. Tendangan keras Luis Suarez dari luar kotak penalti hanya membentur tiang kanan gawang Sevilla.

Barca akhir mampu menambah gol pada menit ke-63. Suarez dijatuhkan kiper Vaclik sehingga wasit memberi hadiah penalti untuk Barca yang bisa dieksekusi dengan sempurna oleh Suarez, 3 – 1.

Sevilla sempat memperkecil gol lewat gol bunuh diri pemain Barca Clement Lenglet pada menit ke-79. Sundulan kepalanya saat mencoba menghadang bola tendangan Pablo Sarabia malah mengecoh kiper Ter Stegan dan menjadikan gol kedua untuk Sevilla.

Barca menambah gol pada menit ke-88 lewat tendangan first time Ivan Rakitic yang memanfaatkan bola mental dari kaki bek Sevilla Sergi Gomez yang menghadang umpan Dembele, 4 – 1.

Setelah kiper Barca Ter Stegen melakukan dua kali penyelamatan gemilang, akhirnya Sevilla berhasil memperkecil skor hingga 4 – 2 ketika pertandingan telah memasuki injury time melalui kontribusi Luis Muriel dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Dengan hasil ini, Barca kembali memimpin klasemen dengan nilai 18, satu angka lebih baik dari Deportivo Alaves yang sehari sebelumnya menang 1 – 0 atas Celta Vigo.

Sevilla turun ke posisi ketiga (16), diikuti Atletico Madrid (16) setelah seri 1 – 1 di kandang Villarreal, dan Real Madrid di slot kelima dengan koleksi 14 angka setelah dipermalukan tamunya Levante 1 – 2 pada Sabtu (20/10/2018) malam WIB.

Hasil pertandingan pekan kesembilan La Liga hingga Minggu dini hari WIB: Celta Vigo 0 vs Deportivo Alaves 1; Real Madrid 1 vs Levante 2; Valencia 1 vs Leganes 1; Villarreal 1 vs Atletico Madrid 1; Barcelona 4 vs Sevilla 2.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 21 Oktober:

17:00   Rayo Vallecano vs Getafe

21:15   Eibar vs Athletic Bilbao

23:30   Huesca vs Espanyol

Senin, 22 Oktober:

01:45   Real Betis vs Real Valladolid

Selasa, 23 Oktober:

02:00   Real Sociedad vs Girona.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia