Rangkuman Pekan IX Liga Premier: City & Liverpool Jauhi Chelsea

Sergio Aguero - Reuters/Lee Smith
21 Oktober 2018 16:10 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Juara bertahan Manchester City pesta lima gol tanpa balas ke gawang Burnley. Liverpool menang tipis atas Huddersfield. Sementara Chelsea diselamatkan gol injury time sehingga terhindari dari kekalahan pertama di Liga Premier Inggris musim ini.

Hasil ini membuat City dan Liverpool mengumpulkan 23 poin dari sembilan laga, sedangkan Chelsea kini tertinggal dua angka dari dua klub tersebut. City untuk sementara menguasai klasemen lantaran lebih produktif ketimbang Liverpool, dengan agregat gol 23 berbanding 13.

Bertarung di Stadion Etihad di Manchester, Sabtu (20/10/2018) malam WIB, tuan rumah City membantai Burnley 5 – 0 dengan lima gol dari lima pemain berbeda.

Skuat asuhan Pep Guardiola baru unggul 1 – 0 saat rehat berkat gol Sergio Aguero pada menit ke-17. Namun, pada babak kedua The Citizens mengamuk dan menjaringkan empat gol tambahan melalui Bernardo Silva (54’), Fernandinho (56’), Riyad Mahrez (83’), dan Leroy Aziz Sane (90’).

Chelsea nyaris kalah untuk pertama kalinya di Liga Primer musim ini. Beruntung, Ross Barkley melesakkan gol kedua saat injury time babak kedua telah berjalan 6 menit.

Dalam pertandingan di Stadion Stamford Bridge di London itu, tuan rumah Chelsea membuka keunggulan pada menit ke-21 lewat Antonio Rudiger. Namun United bangkit dengan membalas dua gol yang diborong Anthony Martial pada menit ke-55 dan 73. Skuat asuhan Maurizio Sarri akhirnya selamat dari kekalahan setelah Barkley menjaringkan gol kedua benar-benar di ujung pertandingan sehingga skor akhir 2 – 2.

Sementara, satu gol dari striker Mohamed Salah cukup untuk membawa Liverpool menaklukkan tuan rumah Huddersfield Town dengan skor tipis 1 – 0 dalam pertandingan pekan kesembilan Liga Primer Inggris.

Dalam laga di Stadion John Smith di Huddersfield yang berakhir pada Minggu (21/10/2018) dini hari WIB, ujung tombak asal Mesir itu menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Jonas Lossl pada menit ke-24 dengan memaksimalkan assist Xherdan Shaqiri.

Salah sebenarnya sempat diperkirakan tak bisa diturunkan oleh pelatih Jurgen Klopp setelah mendapatkan cedera ketika memperkuat negaranya di Pra-Piala Afrika 2019 pekan lalu.

Bukan hanya Salah, Klopp juga semula diprediksi tak bisa menurunkan pilar lini belakang Virgil van Dijk yang rusuknya sempat kembali cedera saat membela Belanda di ajang UEFA Nations League melawan Jerman.

Namun, akhirnya Van Dijk juga dapat diturunkan Klopp untuk memperkuat barisan pertahanan The Reds, julukan Liverpool.

Berbeda dengan Salah dan Van Dijk, Klopp tidak dapat memainkan dua pemain penting lainnya yakni Sadio Mane dan Naby Keita. Keduanya juga cedera ketika membela negaranya di Pra-Piala Afrika bulan lalu. Mane membela Timnas Senegal, sedangkan Keita membela Guinea.

Hasil pekan kesembilan hingga Minggu dini hari WIB: Chelsea 2 vs MU 2; Bournemouth 0 vs Southampton 0; Cardiff 4 vs Fulham 2; Manchester City 5 vs Burnley 0; Newcastle 0 vs Brighton 1; West Ham 0 vs Tottenham 1; Wolverhampton Wanderers 0 vs Watford 2; Huddersfield 0 vs Liverpool 1.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 21 Oktober:

22:00   Everton vs Crystal Palace

Selasa, 23 Oktober:

02:00   Arsenal vs Leicester City

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia