Escobar Absen, PS Tira Diuntungkan Saat Dijamu Perseru

Silvio Escobar - IG : Perseru Serui
21 Oktober 2018 10:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Keuntungan didapatkan oleh PS Tira saat dijamu oleh Perseru Serui pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Marora, Serui, Rabu (24/10/2018).

Sebab, kapten Perseru Silvio Escobar dipastikan absen pada pertandingan kali ini. Escobar absen karena mendapatkan kartu merah saat Perseru menahan imbang tuan rumah Barito Putera dengan skor 0-0, Jumat (19/10/2018),di Stadion 17 Mei.

Escobar menerima kartu merah setelah mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-58. Sebelumnya, penyerang berkebangsaan Paraguay itu sudah mendapat kartu kuning di menit ke-27, dari sang pengadil lapangan, Armyn Dwi Suryathin.

"Absennya Escobar memang cukup menguntungkan kami. Karena dia kan kapten di Perseru. Kami manfaatkan hal ini," kata pelatih PS Tira Nil Maizar, kepada Harianjogja.com, Minggu (22/10/2018).

Meski demikian, eks pelatih Semen Padang dan Timnas Indonesia ini tetap mewaspadai kekuatan dari Perseru. Hal ini mengingat secara peringkat. Perseru saat ini satu tingkat di atas PS Tira.

Sampai pekan ke-26, Perseru berada di peringkat ke-16 dengan 28 poin, sedangkan PS Tira berada di peringka ke-17 dengan poin sama yakni 28 poin.

Selain itu, Nil melihat secara permainan, Perseru mengalami peningkatan permainan. Hal ini terbukti dari tiga pertandingan terakhir yang dijalani oleh tim asal Papua ini.

Meski dikalahkan Persija dengan skor 2-1 (8/10/2018) lalu, debut pelatih Perseru Wanderley Junior cukup positif. Sebab, Perseru mampu unggul gol lebih dahulu, sebelum akhirnya menyerah di tangan Persija.

Sedangkan saat di kandang, Perseru mampu meraih kemenangan 2-0 dari Persela Lamongan (13/10/2018). Sementara di pertandingan terakhir, meski bermain dengan 10 pemain, Perseru mampu menahan imbang Barito Putera (19/10/2018) dengan skor 0-0.

"Mereka juga sempat cetak gol ke gawang Barito Putera meskipun akhirnya dianulir. Ini yang perlu kami waspadai," sambung Nil.

Di sisi kebugaran, Nil memandang, timnya kemungkinan akan lebih diuntungkan, karena memiliki waktu rehat cukup panjang dibandingkan Perseru. Namun, hal tersebut tidak menjadi jaminan, mengingat perjalanan dari Jogja ke Serui dinilai akan menguras fisik para pemain PS Tira.

"Ini yang sedang kami pikirkan. Namun, kami sudah persiapkan segala sesuatunya, baik taktik maupun permasalahan ini," ucap Nil.

PS Tira sendiri bertolak dari Jogja ke Serui hari ini dengan membawa 18 pemain. Adapun dari 18 pemain yang dibawa, tidak ada nama Dzimitriv Rekish. Gelandang asal Belarusia ini absen karena akumulasi kartu. Sedangkan penggantinya, Nil Maizar telah menyiapkan Dimas Drajat dan dibawa ke lawatan ke Serui kali ini.