UEFA Nations League: Kekalahan yang Sangat Mengecewakan untuk Jerman

Manuel Neuer - Reuters/Benoit Tessier
18 Oktober 2018 00:25 WIB Oktaviano DB Hana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Jerman sudah tak punya peluang melaju ke semifinal UEFA Nations League 2018/2019. Die Mannschaft bahkan terancam terdegradasi ke Liga B karena kalah dua kali dari Prancis dan Belanda.

Juara Piala Dunia 2014 ini kalah dari tuan rumah Prancis, juara Piala Dunia 2018, dengan skor 1-2  kala bertandang ke Stade de France, Paris, Rabu (17/10/2018) dini hari WIB.

Setelah lebih dahulu unggul melalui gol penalti Toni Kroos, Der Panzer kebobolan dua gol Antoine Griezmann pada babak kedua. Jerman kini hanya membukukan satu poin dari tiga pertandingan atau berada di bawah Perancis di pemuncak kelasemen dan Belanda di urutan kedua dengan masing-masing raihan tujuh dan tiga poin.

Jerman hanya menyisakan satu pertandingan sisa, yakni menjamu Belanda di Arena AufSchalke, pada 20 November 2018.

Di laga melawan Prancis, Jerman sudah berubah total. Joachim Low untuk kali pertama sejak Piala Konfederasi 2017 kembali menurunkan skema tiga bek tengah: Mattias Ginter, Nicklas Sule, dan Mats Hummels. Jerman tampli solid, sayangnya lini depan mereka sangat buruk.

Uefa.com mencatat penguasaan bola Jerman mencapai 56%, di babak pertama bahkan sampi 68%. Akurasi umpan pun mencapai 88% dari 580 operan atau lebih unggul dari Perancis yang tercatat sebesar 87% dari 467 operan.

Namun, Jerman hanya mencatatkan tiga tembakan tepat sasaran, sedangkan Prancis menghasilkan emat tembakan.

Kekalahan itu sangat menyesakkan. Kiper utama dan kapten timnas Jerman Manuel Neuer mengatakan bahwa timnya sudah mampu menjalankan strategi dengan baik dan mampu mengendalikan permainan.

“Selalu terasa buruk ketika Anda kalah, pahit dan mengecewakan, terutama karena Anda merasa memiliki segalanya di bawah kendali,” ujarnya kepada ARD.

Low juga menyayangkan hasil yang diraih timnya. Dia merasa anak asuhnya bisa membuat gol tambahan, terutama pada babak pertama.

“Saya kecewa dengan hasilnya. Kami belum mendapatkan hasil yang pantas untuk kinerja yang sangat baik,” kata Low.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia