8 BESAR LIGA 2 2018 : Mengintip Kekuatan Lawan PSS Sleman di Grup B

Pesepak bola PSS Ari Sandy melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persegres Gresik United di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (4/9/2018) sore. - Harian Jogja/Jumali
17 Oktober 2018 11:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Operator kompetisi kasta kedua di Tanah Air, Liga 2 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mengumumkan 8 tim yang lolos ke babak 8 besar Liga 2 2018, mulai 24 Oktober mendatang.

Kontestan babak 8 besar dibagi ke dalam dua grup. Semen Padang, Kalteng Putra, Aceh United FC dan PS Mojokerto Putra mengisi Grup A. Sedangkan Grup B diisi PSS Sleman, Persiraja Banda Aceh, Madura FC dan Persita Tangerang.

Lalu? Bagaimana peluang kekuatan dari lawan PSS Sleman di babak 8 besar kali ini?

1. Persita Tangerang

PSS dijadwalkan bakal menjalani laga perdana di babak 8 besar dengan menjamu Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (26/10/2018) mendatang. Sedangkan pertemuan kedua, di mana Persita akan menjamu PSS Sleman digelar di kandang Persita, Jumat (16/11) mendatang.

Persita melaju ke babak 8 besar, setelah di klasemen akhir babak reguler berada di posisi keempat wilayah timur dengan 35 poin.

Pendekar Cisadane lolos setelah menahan imbang Perserang dengan skor 1-1 di Stadion Benteng Taruna Sport Center, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin (15/10/2018).

Jika menilik produktivitas gol, Persita cukup baik. Sebab, selama 22 laga yang dijalani mereka mampu mengemas 32 gol. Jumlah produktivitas ini lebih baik dibandingkan peringkat ketiga klasemen grup barat, Aceh United yang hanya mampu mencetak 29 gol.

Namun, pertahanan Persita ternyata tidak terlalu solid. Hal ini terlihat dari 22 gol yang bersarang di gawang tim besutan Wiganda Saputra. Oleh karena itu, wajar jika Wiganda Saputra, memilih untuk melakukan perbaikan pertahanan jelang babak 8 besar.


2. Persiraja Banda Aceh

PSS Sleman dijadwalkan akan menjalani pertandingan kedua di babak 8 besar dengan menyambangi kandang dari Persiraja Banda Aceh di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Kamis (1/11/2018) mendatang. Sedangkan di pertemuan kedua, PSS dijadwalkan menjamu Persiraja pada Selasa (20/11/2018) mendatang.

Persiraja sendiri lolos ke babak 8 besar dengan status runner-up Grup Barat. Selama 22 pertandingan yang dijalani oleh Laskar Lantak Laju ini, 10 kemenangan didapatkan oleh tim asal Tanah Rencong ini. Sedangkan sisanya 5 laga seri dan 7 kali menelan kekalahan.

Sedangkan dari segi produktivitas gol, Persiraja menjadi satu-satunya tim Liga 2 dengan produktivitas gol terbanyak. Tercatat, anak asuh Akhyar Ilyas mampu mencetak 43 gol dan kemasukan 28 gol di babak reguler grup barat.

Kali terakhir tim yang merasakan ketajaman serangan Persiraja adalah Persik Kendal, Senin (15/10/2018). Di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, Persiraja menang atas tuan rumah Persik Kendal, 3-1.

Hasil serupa juga diraih tuan rumah Aceh United di Stadion Cot Gapu, Bireuen. Dalam duel itu, mereka unggul 2-0.

3. Madura FC

Dari tiga tim lawan PSS di Grup B, hanya Madura FC yang pernah merasakan bertemu dengan skuat Super Elang Jawa. Tim berjuluk Laskar Joko Tole ini lolos ke babak 8 besar setelah kalah 3-2 dari PSIM Jogja, Selasa (16/10/2018) sore di Stadion Sultan Agung Bantul.

Alhasil, di klasemen akhir, Madura FC lolos ke babak 8 besar setelah menempati peringkat ketiga klasemen wilayah timur.

Sementara jika dilihat dari pertemuan di babak reguler, Madura FC, selalu memegang rekor lebih baik daripada PSS Sleman. Pada pertemuan pertama, PSS sempat dibuat malu di depan pendukungnya setelah ditekuk 2-1 oleh Madura FC. Sedangkan di putaran kedua, di kandang, Madura FC menang 1-0 dari PSS Sleman.

Sedangkan jika menilik jadwal yang ada di babak 8 besar, PSS Sleman akan kembali berjumpa dengan Madura FC pada Selasa (6/11/2018) mendatang di Stadion Maguwoharjo, Sleman.  Sementara PSS dijadwalkan menjalani laga tandang ke kandang Madura FC pada Selasa (20/11/2018).