Southgate Puas dengan Kematangan dan Keberanian Inggris

Gareth Southgate - Reuters
16 Oktober 2018 23:00 WIB Oktaviano DB Hana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pelatih Inggris Gareth Southgate memuji penampilan anak asuhnya yang secara mengejutkan mempermalukan tuan rumah Spanyol 3-2 dalam lanjutan UEFA Nations League, Selasa (15/10/2018) dini hari WIB.

Southgate menilai penampilan Harry Kane dan kawan-kawannya sangat matang dan berani. Dalam laga yang dihelat di Sevilla dini hari tadi, Inggris langsung memimpin pertandingan dengan menghasilkan tiga gol pada babak pertama. Raheem Sterling mencetak dua gol, sedangjan sebiji gol lainnya disarangkan Marcus Rashford.

Spanyol, juara Piala Dunia 2010,  hanya mampu membalas dua gol setelah istirahat. Inggris pun menjadi tim pertama yang mengalahkan Spanyol dalam pertandingan kompetitif di kandang sejak 2003.

"Mereka seharusnya sangat bangga dengan penampilan mereka," ujar Southgate seperti dikutip dari Sky Sport News, Selasa (16/10/2018).

Southgate mengatakan sebelum pertandingan sudah mengingatkan para pemain soal ancaman yang akan dihadapi kala menghadapi La Roja. Dalam pertandingan semalam, para pemain depan mampu membuat barisan pertahanan Spanyol kewalahan.

"Untuk tim yang sangat muda saya pikir itu adalah kinerja yang sangat matang. Kami bertahan menghadapi tekanan dengan cukup baik dan mereka semua harus sangat bangga dari apa yang telah mereka lakukan."

Secara statistik, Inggris sebenarnya kalah dalam hal penguasaan bola dan hanya menghasilkan lima tembakan ke gawang. Namun, Southgate mengatakan timnya akan kesulitan bila selama 90 menit bermain menyerang. Timnya mengandalkan serangan balik melalui kecepatan para pemain depannya.

"Kami berbicara tentang ancaman yang dibawa tiga pemain depan kami untuk lawan. Mereka harus percaya diri, dan pemain lain juga harus memberikan bola untuk mereka," tegasnya.

Setelah kalah dari Spanyol di Wembley dan bermain imbang dengan Kroasia pada Jumat pekan lalu, Inggris sebenarnya terancam degradasi dari Liga A UEFA Nations League.

Namun, kemenangan atas Spanyol dan satu pertandingan tersisa melawan Kroasia, membuat Inggris masih bisa menjadi jawara grup dan lolos ke semifinal yang dihelat musim panas mendatang.

"Saya senang dengan apa yang telah kami lakukan dan sekarang kami harus terus membangun apa yang telah kami lakukan selama beberapa bulan terakhir," tambah Southgate.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia