Advertisement

UEFA Nations League: Gibraltar Catat Kemenangan Bersejarah

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 14 Oktober 2018 - 21:25 WIB
Budi Cahyana
UEFA Nations League: Gibraltar Catat Kemenangan Bersejarah Kapten tim Gibraltar Joseph Chipolina merayakan kemenangan atas Armenia. Dia mencetak gol tunggal dalam pertandingan itu lewat eksekusi penalti. - Twitter@GibraltarFA

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Gibraltar, wilayah seluas 6,7 km2 di bagian selatan Spanyol yang menjadi bagian dari kekuasan Inggris, mencatat sejarah dengan memenangi pertandingan internasional untuk kali pertama.

Tim yang ditukangi mantan gelandang Timnas Uruguay Julio Cesar Ribas itu mengalahkan tuan rumah Armenia 1-0 dalam laga Grup 4 Liga D UEFA Nations League di Yerevan, Minggu (14/10/2018) WIB.

Advertisement

Wilayah koloni Inggris itu mengalahkan Armenia yang diperkuat bintang Arsenal Henrikh Mkhitaryan berkat penalti di menit ke-50 yang dieksekusi kapten Joseph Chipolina. Gibraltar bergabung dengan UEFA pada 2013 dan belum pernah menang di laga resmi.

Sayangnya, pertandingan harus diawali dengan suasana tidak menyenangkan bagi Gibraltar gara-gara panitia memutar lagu kebangsaan Liechtenstein.

"Gibraltar sangat kecewa karena sebelum pertandingan UEFA Nations League malam ini versus Armenia, lagu kebangsaan Liechtenstein yang dimainkan," demikian pernyataan yang dikeluarkan Asosiasi Sepak Bola Gibraltar.

Federasi Sepak bola Armenia telah meminta maaf kepada kepala delegasi yang mewakili Gibraltar di Yerevan. Tetapi kesalahpahaman itu tampaknya justru memotivasi para pemain Gibraltar saat mereka melawan tuan rumah.

Kemenangan mengejutkan Gibraltar membawa mereka sejajar dengan Armenia dengan tiga poin, enam poin di belakang pimpinan klasemen Masedonia. Liechtenstein, tim lain di Grup 4 Liga D, juga memiliki tiga poin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement