Advertisement

Thierry Henry Pelatih Baru Monaco

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 14 Oktober 2018 - 16:25 WIB
Budi Cahyana
Thierry Henry Pelatih Baru Monaco Thierry Henry - Reuters/Francois Lenoir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Thierry Henry ditunjuk menjadi pelatih klub Ligue 1 AS Monaco. Mantan striker Timnas Prancis yang mengawali karier profesional di Monaco sebelum melegenda di Arsenal itu menggantikan Leonardo Jardim yang dipecat karena Monaco terpuruk di papan bawah klasemen musim ini.

Henry mengawali karier senior sebagai pemain profesional di Monaco pada 1994 dan kini  menjadi klub pertamanya dalam menjalani karier sebagai pelatih profesional. Sebelumnya, Henry menjadi asisten pelatih Roberto Martinez di Timnas Belgia pada Piala Dunia 2018.

Advertisement

Henry bermain di Monaco selama lima tahun sebelum kemudian pada 1999 pindah ke Juventus. Hanya 16 pertandingan di Juventus, Henry kemudian menghabiskan waktu terpanjanganya bersama klub Liga Primer Inggris Arsenal.

Setelah delapan tahun membela Arsenal, pada 2007 dia ke Spanyol untuk bergabung bersama klub raaksasa La Liga FC Barcelona hingga 2010.

Dia lantas mengakhiri kariernya bersama klub Amerika Serikat New York Red Bulls dan pensiun sebagai pemain pada 2014.

Henry merupakan bagian penting ketika Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 yang digelar di negaranya dan dua tahun kemudian menjuarai Piala Eropa (Euro) 2000 di Belanda dan Belgia.

Dia masih menjadi andalan lini depan Prancis saat tampil sebagai juara Piala Konfederasi edisi 2003 dan runner up Piala Dunia 2006 di Jerman, ketika Prancis kalah adu penalti dari Italia.

Henry  sempat dikabarkan akan menukangi Bordeaux. Namun, kesepakatan urung tercapai lantaran ketidakcocokan soal gaji. Sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (14/10/2018), Henry, yang mengoleksi 123 caps dan 51 gol bersama Les Bleus, dikontrak hingga tiga tahun ke depan di Monaco.

Monaco terpuruk di peringkat ke-18 dari 20 tim akibat hanya bisa menang satu kali dari sembilan pertandingan. Monaco juga menelan kekalahan di dua pertandingan pembuka kiprah mereka di ajang Liga Champions Eropa. Tugas pertama Henry ialah saat Monaco bertandang ke Strasbourg pada pekan ke-10 Ligue 1 pada 20 Oktober waktu setempat. Henry akan mulai bekerja Senin (15/10/2018) besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement