PEKAN VIII LIGA PRANCIS: PSG Belum Kalah, Monaco di Jurang Degradasi

Neymar - Reuters/Jean/Paul Pelissier
30 September 2018 17:47 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Juara bertahan Paris Saint-Germain (PSG) meneruskan dominasinya di Ligue 1 Prancis dengan menaklukkan tuan rumah Nice 3 – 0 dalam pertandingan pekan kedelapan 2018/2019.

Bermain di Stadion Allianz Riviera di Nice, dua dari tiga gol tamu dilesakkan pemain bintang Neymar da Silva Santos Jr.  pada menit ke-22 dan saat pertandingan babak kedua telah memasuki injury time.

Satu gol lainnya dalam pertandingan yang berakhir pada Minggu (30/9/20918) dini hari WIB ini dicetak oleh Christopher Nkunku ketika babak kedua baru berjalan dalam hitungan detik.

Skor telak ini tak lepas pula dari ketimpangan jumlah pemain kedua tim. Nice kehilangan gelandang serang Wylan Cyprien pada menit ke-59 setelah menerima kartu kuning kedua dari wasit Clement Turpin saat skor 0 – 2.

Di sisi lain, masuknya Mario Balotelli pada awal babak kedua menggantikan Racine Coly tak efektif untuk membantu tuan rumah mencetak gol.

Dalam pertandingan ini, pelatih PSG asal Jerman Thomas Tuchel mengistirahatkan striker Edinson Cavani sebagai bagian dari persiapan PSG menjalani laga Liga

Champions menghadapi klub Serbia Red Star Beograd pada Kamis (4/10/2018) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, PSG mengukuhkan diri di posisi teratas klasemen sementara dengan nilai sempurna 24 karena selalu menang di delapan laga awal musim ini, sedangkan Nice di slot ke-11 dengan 10 poin.

Zona Degradasi

Sementara itu, AS Monaco, runner up musim lalu yang selama beberapa musim terakhir menjadi kompetitor paling ketat bagi PSG  di ajang Ligue 1 Prancis, bahkan juara pada dua musim lalu, benar-benar harus terlempar dari perburuan titel musim ini.

Dalam pertandingan pembuka pekan kedelapan pada Sabtu (29/9/2018) dini hari WIB, skuat asuhan Leonardo Jardi dipaksa menyerah 0 – 2 dari tuan rumah Saint-Etienne di Stadion Geoffroy-Guichard.

Kedua gol Saint-Etienne, juara terbanyak Ligue 1 yakni 10 kali, diborong oleh penyerang Timnas Tunisia Wahbi Khazri masing-masing satu pada setiap babak.

Di hadapan lebih dari 26.000 pendukungnya, Saint-Etienne membuka keunggulan 5 menit menjelang rehat setelah Wahbi mampu memaksimalkan assist Ole Kristian Selnaes.

Ketika babak kedua berjalan sembilan menit, Wahbi kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses mengonversi umpan Yann M’Vila menjadi gol. Skor 2 – 0 bertahan hingga pertandingan usai.

Ini kekalahan keempat Monaco sepanjang Ligue 1 musim ini. Secara keseluruhan Monaco hanya satu kali menang, tiga seri, dan empat kalah, membuatnya berada di posisi 18 dari 20 tim dengan nilai enam.

Slot ke-18 adalah setrip khusus untuk bertanding melawan peringkat ketiga Ligue 2 pada akhir musim nanti untuk menentukan tim promosi dan degradasi.

Sementara itu, bagi Saint-Etienne, kemenangan ini mengangkatnya ke posisi kedua dengan nilai 15 di bawah juara bertahan PSG di peringkat teratas dengan nilai sempurna 21.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia