PEKAN VII SERIE A: Juve Tak Terkejar, Roma Menang Derbi, Inter ke 4 Besar

Mario Mandzukic, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo, dan Emre Can, membuat Juventus sangat dominan di Serie A musim ini. - Reuters/Stefano Rellandini
30 September 2018 17:38 WIB M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Juventus membekuk Napoli dengan skor 3 – 1 dalam big match pekan ketujuh Serie A Italia di Stadion Allianz yang berakhir pada Minggu (30/9/2018) dini hari WIB.

Napoli sempat unggul terlebih dahulu melalui Dries Mertens pada menit ke-10, tetapi skor saat rehat sudah 1 – 1 setelah Juve, sang juara bertahan, membalas lewat Mario Mandzukic memanfaatkan assist Cristiano Ronaldo pada menit ke-26.

Memasuki babak kedua, baru berjalan empat menit, Mandzukic kembali membuktikan ketajamannya dan membawa Juve berbalik unggul 2 – 1. Mandzukic mencocor bola rebound hasil sepakan Ronaldo yang membentur tiang.

Bek tengah Juve Leonardo Bonucci kemudian memastikan kemenangan timnya setelah pada menit ke-76 sukses menjebol gawang tim tamu yang dikawal David Ospina.

Penyerang asal Portugal Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol di laga ini, tetapi berperan penting dalam proses terjadinya ketiga gol Juve.

Bukan hanya kalah, Napoli juga mesti menyudahi laga dengan 10 pemain setelah bek Mario Rui terpaksa meninggalkan lapangan akibat menerima kartu kuning kedua pada menit 58 saat skor 2 – 1.

Kemenangan ini membuat Juve sebagai satu-satunya tim yang belum kehilangan poin di tujuh laga awal Serie A musim ini sehingga memimpin klasemen sementara dengan koleksi poin 21.

Napoli masih bertengger di peringkat kedua dengan nilai 15, tetapi rentan tergusur ke peringkat ketiga apabila Sassuolo mampu menaklukkan AC Milan.

Derby Della Capitale

Sementara, AS Roma menekuk Lazio dalam derby ibu kota Serie A Italia (Derby della Capitale) yang berlangsung pada Sabtu (29/9/2018) malam WIB, yang menjadi laga pembuka pekan ketujuh.

Bermain di Stadion Olimpico, AS Roma yang bertindak sebagai tuan rumah membuka gol semenit menjelang babak pertama berakhir lewat Lorenzo Pellegrini. Ketika mencetak gol, Pellegrini baru bermain selama delapan menit, masuk menggantikan Javier Pastore yang cedera.

Gol ini terjadi tak lepas dari kekeliruan koordinasi para pemain Lazio. Bek Luiz Felipe dan kiper Thomas Strakosha berebut bola yang kemudian malahan terlepas dari keduanya dan mengarah ke Pellegrini yang memaksimalkannya menjadi gol dengan tendangan menggunakan tumit.

Lazio berhasil memberikan gol balasan melalui Ciro Immobile pada menit ke-67. Gol itu seolah-olah menjadi kebangkitan Lazio setelah skor imbang 1 – 1.

Kenyataannya, gol itu justru membangkitkan lagi para pemain Roma yang dengan cepat memberikan respons untuk memulihkan keunggulan pada menit ke-71 lewat gol Aleksandar Kolarov, eks-pemain Lazio pada 2007 – 2010.

Saat Lazio berupaya menyeimbangkan keadaan, Roma justru menambah satu gol lagi lewat bek Federico Fazio enam menit menjelang laga usai sehingga menyudahi perlawanan Lazio dengan skor 3 – 1. Dia menyundul bola yang diumpan dari tendangan bebas Pellegrini.

Bagi Fazio, gol yang dicetaknya meredakannya dari rasa bersalah lantaran melakukan kekeliruan fatal yang menyebabkan Lazio mencetak gol balasan melalui Immobile.

Ini kemenangan Roma ketujuh dari sembilan pertemuan dengan Lazio di semua kompetisi.

Inter ke Zona Liga Champions

Adapun Inter Milan merangsek naik ke posisi keempat klasemen sementara Serie A Italia setelah mengatasi Cagliari dengan skor 2 – 0.

Dalam pertandingan di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, Inter mengatasi Cagliari dengan sepasang gol yang tercipta pada awal babak pertama dan akhir babak kedua.

Lautaro Martinez mencetak gol pembuka pada menit ke-12. Ini gol pertama pemain asal Argentina itu untuk Inter dalam pertandingan resmi sejak diboyong dari Racing Club pada bursa transfer musim panas lalu dengan banderol 22,7 euro.

Inter Milan menggandakan keunggulan sekaligus memastikan kemenangan 2 menit menjelang laga usai melalui Matteo Politano, pemain sayap pinjaman dari Sassuolo.

Gol ini juga merupakan yang pertama bagi Politano untuk Inter. Penyerang sayap kanan ini dipinjam dari Sassuolo juga pada jendela transfer musim panas tahun ini dengan kesepakatan nilai 5 juta euro dan dengan opsi pembelian pada akhir musim pertengahan tahun depan dengan nilai 20 juta euro.

Ini kemenangan ketiga beruntun Inter di ajang Serie A. Di dua laga sebelumnya Inter menang 1 – 0 atas Sampdoria dan 2 – 1 atas Fiorentina. Dengan rentetan kemenangan itu, Inter kini menghuni setrip keempat dengan nilai 13, di bawah Juventus (21), Napoli (15), dan Sassuolo (13).

Jika dihitung dengan hasil pertandingan di Liga Champions, ini menjadi kemenangan keempat secara berturut-turut didapatkan anak asuh Luciano Spalletti. Inter menaklukkan klub Liga Primer Inggris Tottenham Hotspur 2 – 1 pada 2 pekan lalu di Liga Champions di San Siro.

Hasil pertandingan pekan ketujuh Serie A hingga Minggu: AS Roma 3 vs Lazio 1; Juventus 3 vs Napoli 1; Inter 2 vs Cagliari 1.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 September:

17:30   Bologna vs Udinese

20:00   Chievo Verona vs Torino

20:00   Fiorentina vs Atalanta

20:00   Frosinone vs Genoa

23:00   Parma vs Empoli

Senin, 1 Oktober:

01:30   Sassuolo vs AC Milan

Selasa, 2 Oktober:

01:30   Sampdoria vs SPAL.