PEKAN VII LIGA SPANYOL: Dua Penguasa Masih Mengecewakan

Gareth Bale - Reuters/Sergio Perez
30 September 2018 17:26 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Barcelona dan Real Madrid belum bisa bangkit dari kekalahan menyesakkan medio pekan ini. Dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 pekan ketujuh, dua penguasa La Liga itu gagal meraih kemenangan.

Madrid ditahan Atletico Madrid dengan skor kacamata pada derbi, Minggu (30/9/2018) dini hari WIB. Beberapa jam sebelumnya, Barca bermain seri 1-1 dengan Athletic Bilbao.

Laga Derby Madrileno di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid lebih banyak menekan pertahanan Atletico dan juga unggul dalam penguasaan bola, tetapi bukan berarti tamu tak punya sejumlah peluang.

Pada menit ke-18, melalui serangan balik, penyerang Atletico Antoine Griezmann telah langsung berhadapan dengan kiper Real Thibaut Courtois, tetapi gagal menjadi gol karena sontekannya masih membentur kepala sang penjaga gawang dan menyimpangkan arah bola dari mulut gawang.

Pada menit ke-21, giliran Los Blancos mempunyai peluang. Tendangan bebas Toni Kroos disambut sontekan Gareth Bale, tetapi masih melenceng tipis di sisi kiri bagian luar dari tiang gawang Atletico yang dikawal kiper Jan Oblak.

Berselang empat menit kemudian, Saul Niguez membuat Atletico hampir unggul. Tendangan kaki kirinya hanya tipis melenceng ke sisi luar tiang kanan gawang Real.

Atletico pada menit ke-31 sangat dirugikan oleh keputusan wasit Juan Martinez Munuera yang tidak memberikan penalti meski sangat jelas tangan kanan gelandang Madrid, Casemiro, dalam keadaan aktif menyentuh bola yang ditendang Koke.

Beberapa menit berikutnya, giliran Diego Costa yang gagal memanfaatkan peluang walaupun telah berhadapan dengan kiper Real Courtois. Tendangannya masih bisa diganjal oleh tangan sang kiper.

Pada menit ke-42, kiper Atletico Jan Oblak membuat kesalahan fatal yang nyaris membuat gawangnya kebobolan. Menerima back pass, dia ceroboh menendang bola yang lalu diblok pemain Real Marco Asensio. Masih beruntung, bola hasil blokan itu mental lagi ke arahnya sehingga bisa ditangkap.

Di babak kedua, Real Madrid tak mengendurkan tekanan. Salah satu peluang terbaik diperoleh pada menit ke-66 ketika Asensio telah berhadapan langsung dengan Oblak, tetapi kiper Atletico itu masih bisa menahan laju bola setelah maju mempersempit ruang tembak penyerang Real tersebut.

Berselang 11 menit berikutnya, Oblak memperlihatkan lagi ketangguhannya dengan menahan tendangan keras Dani Carvajal dari dalam kotak penalti.

Pada menit ke-87, pelatih Real Madrid Julen Lopetegui memasukkan Vinicius Junior. Ini menjadi debut bagi pemain asal Brasil berusia 18 tahun itu sejak efektif didatangkan dari klub negaranya Flamengo pada Juli 2018 lalu atau 14 bulan setelah resmi dikontrak pada Mei 2017.

Dengan hasil imbang ini, nilai Real Madrid menyamai Barcelona yakni 14. Barca di posisi teratas karena unggul selisih gol 10 berbanding 6. Sementara itu, Atletico Madrid mengisi setrip keempat dengan koleksi 12 angka, persis di bawah Sevilla di urutan ketiga dengan nilai 13. Tengah pekan lalu, Madrid baru saja dibantai Sevilla tiga gol tanpa balas.

Masih Terpuruk

Sementara, hasil seri melawan Bilbao menjadi kegagalan Barca dalam tiga pertandingan secara berturut-turut di pentas La Liga. Dalam dua pertandingan sebelumnya, Lionel Messi dan kawan-kawan imbang 2 – 2 ketika kedatangan Girona dan dipermalukan tuan rumah Leganes, yang tengah berkutat di zona degradasi, dengan skor 1 – 2.

Di laga di hadapan sekitar 78.000 pendukungnya, Barca bahkan mesti tertinggal lebih dahulu dari tamu yang datang dari Basque. Bilbao membuka skor enam menit menjelang rehat melalui kontribusi gol bek Oscar de Marcos.

Tuan rumah berjuluk Blaugrana baru bisa melesakkan gol balasan 7 menit menjelang laga bubar melalui Munir El Haddadi Mohammed dengan assist Messi. Munir baru empat menit bermain menggantikan Ousmane Dembele.

Pelatih Ernesto Valverde tidak menurunkan Messi sejak awal. Pemain Argentina itu baru masuk lapangan permainan ketika babak kedua berjalan 10 menit menggantikan Arturo Vidal.

Hasil pertandingan pekan ketujuh La Liga hingga Minggu (30/9/2018) dini hari WIB: Rayo Vallecano 2 vs Espanyol 2; Real Sociedad 0 vs Valencia 1; Barcelona 1 vs Athletic Bilbao 1; Eibar 1 vs Sevilla 3; Real Madrid 0 vs Atletico Madrid 0.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 September:

21:15   Villarreal vs Real Valladolid

23:30   Levante vs Deportivo Alaves

Senin, 1 Oktober:

01:45   Real Betis vs Leganes

Selasa, 2 Oktober:

02:00   Celta Vigo vs Getafe.