PEKAN VII LIGA INGGRIS: Unggul Agregat Gol, City Gusur Liverpool

Sergio Aguero - Reuters/Lee Smith
30 September 2018 17:15 WIB M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Manchester City memuncaki klasemen sementara Liga Premier Inggris 2018/2019 setelah menumbangkan Brighton & Hove Albion 2-0. City unggul agregat gol atas Liverpool yang ditahan Chelsea 1-1 dalam big match Minggu (30/9/2018) dini hari WIB.

City dan Liverpool sama-sama mengumpulkan 19 pon dari tujuh pertandingan. Namun, City yang di pekan ini mengalahkan Brighton & Hove Albion punya agregat 18 gol (21-3), sedangkan Liverpool 12 (15-3). Adapun Chelsea menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan nilai 17. City, Liverpool, dan Chelsea menjadi tiga tim yang tersisa yang belum tersentuh kekalahan di pentas Liga Premier musim ini.

Liverpool beruntung punya Daniel Sturridge, bekas striker Chelsea saat mereka melawatdi Stadion Stamford Bridge, London.

Chelsea membuka keunggulan pada menit ke-25 melalui penyerang asal Belgia Eden Hazard. Kemenangan itu lepas hanya dua menit menjelang laga usai karena Liverpool sukses membalas lewat gol Sturridge yang masuk menggantikan Jemes Milner lima menit menjelang peluit panjang berakhir.

Hasil ini membuat Liverpool untuk pertama kalinya kehilangan poin di ajang Liga Primer Inggris musim ini. The Reds, julukan Liverpool, sebelumnya selalu menang di enam laga awal Liga Primer musim 2018 – 2019.

Bagi Liverpool, hasil imbang ini membuat mereka gagal membalas kekalahan dari Chelsea tiga hari lalu yang justru terjadi di Stadion Anfield, Liverpool, dengan skor 1 – 2 pada putaran ketiga Piala Liga (Carabao Cup).

Sementara itu, City menekuk tamunya Brighton & Hove Albion di Stadion Etihad di Manchester berkat dua gol Raheem Sterling (29’) dan Sergio Aguero (65’).

Di Stadion John Smith di Huddersfield, Tottenham Hotspur juga menang dua gol tanpa balas. Ujung tombak Harry Kane memborong gol-gol itu pada menit ke-25 dan penalti sembilan menit kemudian.

Di Stadion Emirates di London, Arsenal mencatat kemenangan dengan skor serupa atas tamunya Watford dengan dua gol yang baru terjadi pada menit-menit akhir.

Tuan rumah berjuluk The Gunners diuntungkan oleh gol bunuh diri bek Watford Craig Cathcart pada menit ke-81 dan dua menit kemudian Mesut Ozil menggandakan keunggulan anak asuh Unai Emery.

Leicester City juga menang 2 – 0. Kali ini korbannya ialah tuan rumah Newcastle United. Di Stadion St. James Park di Newcastle, tamu membuka skor pada menit 30 lewat penalti Jamie Vardy dan pada babak kedua, menit 73, giliran Harry Maguire yang mencatatkan namanya di papan skor.

Wolverhampton Wanderers pun menang 2 – 0 ketika menjamu Southampton. Dua gol kemenangan Wolves dicetak pada menit-menit akhir pertandingan oleh Ivan Cavaleiro (79’) dan Jonny Castro (87’).

United Kalah Lagi

Adapun, Manchester United menelan kekalahan ketiga sepanjang Liga Primer Inggris musim ini setelah ditundukkan tuan rumah West Ham United dengan skor 1-3 pada Sabtu (29/9/2018) malam WIB.

Bertarung dalam pertandingan pembuka pekan ketujuh di Stadion Olimpiade London, West Ham unggul cepat pada menit ke-5 berkat gol Felipe Anderson dengan memaksimalkan assist Pablo Zabaleta.

Skor saat rehat sudah 2 – 0 untuk tuan rumah setelah pemain belakang MU Victor Lindelof dipaksa mencetak gol bunuh diri setelah tendang penyerang West Ham Andriy Yarmolenko menyentuh dirinya dan justru menjebol gawang sendiri yang dikawal kiper David de Gea.

Pada menit 71 Marcus Rashford sempat memperkecil defisit gol, tetapi upaya menyamakan kedudukan menjadi sia-sia karena hanya berselang 3 menit kemudian gawang David de Gea kembali dijebol pemain West Ham, kali ini melalui kontribusi Marko Arnautovic.

Ini kekalahan ketiga yang diderita Setan Merah sepanjang Liga Primer Inggris musim ini. Dua kekalahan sebelumnya didapat Paul Pogba dan kawan-kawan dengan skor 2 – 3 di markas Brighton & Hove Albion serta 0 – 3 justru ketika menjadi tuan rumah menjamu Tottenham Hotspur.

Hasil pekan ketujuh hingga Minggu WIB: West Ham United 3 vs Manchester United 1; Arsenal 2 vs Watford 0; Everton 3 vs Fulham 0; Huddersfield Town 0 vs Tottenham Hotspur 2; Manchester City 2 vs Brighton & Hove Albion 0; Newcastle United 0 vs Leicester City 2; Wolverhampton Wanderers 2 vs Southampton 0; Chelsea 1 vs Liverpool 1.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 September:

22:00   Cardiff City vs Burnley

Selasa, 2 Oktober:

02:00   Bournemouth vs Crystal Palace.