PEKAN VI BUNDESLIGA: Dortmund Kudeta Bayern

Borussia Dortmund - Reuters/Kai Pfaffenbach
30 September 2018 16:58 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Borussia Dortmund mengudeta Bayern dari puncak klasemen sementara di Bundesliga.

Die Borussen tampil luar biasa dengan membalikkan ketinggalan dua gol menjadi kemenangan 4 – 2 atas tuan rumah Bayer Leverkusen dalam pertandingan pekan keenam Bundesliga Jerman, Minggu (30/9/2018) dini hari WIB.

Bertarung di Stadion Bay Arena di Leverkusen, tuan rumah sempat unggul 2 – 0 melalui Mitchell Weiser pada menit ke-9 dan Jonathan Tah 7 menit menjelang rehat.

Namun, tim tamu bangkit dengan melesakkan empat gol pada babak kedua. Tak mudah bagi Dortmund untuk membongkar pertahanan tuan rumah. Baru pada menit ke-65 Jaco Bruun Larsen membuka keran gol tim tamu.

Berselang empat menit kemudian, kapten tim Dortmund Marco Reus memaksimalkan assist Jadon Sancho, yang baru saja masuk menggantikan Christian Pulisic, untuk membuat skor imbang 2 – 2.

Keputusan pelatih Lucien Favre mengganti pemain sangat tepat. Selain memasukkan Sancho, penyerang Inggris berumur 18 tahun itu tepat, Favre juga memasukkan striker pinjaman dari Barcelona Paco Alcacer menggantikan Maximilllian Philipp. Hasilnya, Paco Alcacer mencetak dua gol tambahan pada menit ke-85 dan ketika pertandingan telah memasuki injury time.

Dengan kemenangan ini, Dortmund memuncaki klasemen sementara Bundesliga 2018/2019. Dortmund mengoleksi nilai 14 dalam enam pertandingan. Dortmund juga menjadi tim paling produktif dengan catatan 19 gol.

Bayern Munchen harus merelakan peringkat pertama setelah dikalahkan 0 – 2 oleh Hertha Berlin pada Sabtu (29/9/2018) dini hari WIB.

Bayern kebobolan dua gol tuan rumah pada babak pertama. Dalam laga pembuka pekan keenam Bundesliga tersebut, kapten tim Hertha Berlin Vedad Ibisevic membuka keunggulan tuan rumah di Stadion Olimpiade Berlin pada menit ke-23 melalui eksekusi penalti.

Wasit Marco Fritz menetapkan penalti akibat Jerome Boateng menjatuhkan Salomon Kalou di dalam area kotak terlarang meski dari tayang ulang terlihat kaki Boateng jelas mengarah ke bola.

Gol kedua dijaringkan Ondrej Duda dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti dua menit menjelang rehat setelah menerima umpan tarik dari Valentino Lazaro. Ini gol kelima penyerang asal Slovakia itu dan menempatkannya sebagai top scorer sementara Bundesliga.

Pada babak kedua, Munchen menggencarkan serangan dan sepenuhnya mendominasi pertandingan hingga secara keeluruhan mencatat penguasaan bola hingga 63%, tapi tak satu gol balasan pun tercipta.

Ini merupakan kekalahan perdana Bayern Munchen musim ini dan untuk pertama kalinya Hertha Berlin bisa menang atas lawannya dari Bavaria tersebut dalam  sembilan tahun terakhir.

Hasil ini membuat grafik Bayern terus menurun setelah 3 hari sebelumnya pada laga pekan kelima di kandang sendiri, Allianz Arena, ditahan imbang tim papan bawah Augsburg 1 – 1.

Hasil pekan keenam hingga Minggu WIB: Hertha Berlin 2 vs Bayern Munchen 0; Schalke 1 vs Mainz 0; Hoffenheim 1 vs RB Leipzig 2; Stuttgart 2 vs Werder Bremen 1; Wolfsburg 2 vs Borussia Monchengladbach 2; Nurenberg 3 vs Fortuna Dusseldorf 0; Bayer Leverkusen 2 vs Borussia Dortmund 4.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 30 September:

20:30   Eintracht Frankfurt vs Hannover 96

23:00   Augsburg vs Freiburg.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia