Indonesia U-16 Lebih Bagus Pakai 4-2-3-1 Ketimbang 4-3-3

Indonesia U-16 - Antara/M. Risyal Hidayat
28 September 2018 18:25 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, KUALA LUMPUR – Pelatih Indonesia U-16 Fakhri Husaini menyebut para pemainnya bermain baik di formasi 4-2-3-1 daripada 4-3-3.

Pergantian formasi dilakukan pada babak kedua saat Indonesia U-16 melawan India U-16 di pertandingan terakhir Grup C Piala AFC U-16 2018, Kamis (27/9/2018) malam. Rendy Juliansyah, gelandang serang, masuk menggantikan Amiruddin Bagus Kahfi, penyerang yang di laga kemarin bermain di sisi kanan, sehingga Indonesia mengubah susunan 4-3-3 menjadi 4-2-3-1.

Rendy bermain di belakang ujung tombang Sutan Zico. Muhammad Yudha menjadi sayap kiri dan Andre Oktaviansyah menjadi sayap kanan.

"Strategi itu berjalan cukup bagus. Kami bisa menciptakan tiga sampai empat peluang setelah Rendy masuk," ujar Fakhri seusai pertandingan Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (28/9/2018).

Dalam 4-3-3, tiga pos penyerang Indonesia biasanya diisi Mochammad Supriadi (kiri), Amiruddin Bagus (tengah) dan Amanar Abdillah (kanan). Saat melawan India, Bagus digeser ke kanan dan Sutan Zico menjadi penyetang tengah.

Kemudian tiga gelandang tengah yaitu David Maulana, Brylian Negietha dan Andre Oktaviansyah. Lalu di belakang ada Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, Mochammad Yudha (bek kiri) dan Amiruddin Bagas Kaffa (bek kanan).

Indonesia lolos ke perempat final Piala U-16 Asia usai bermain imbang 0-0 dengan India laga terakhir Grup C. Indonesia menjadi juara Grup C dengan mengoleksi lima poin dari tiga pertandingan. Sementara India juga lolos ke delapan besar sebagai peringkat kedua Grup C setelah sama-sama mengoleksi lima poin dari tiga laga, tetapi kalah selisih gol dari Indonesia.

Di perempatfinal, Indonesia akan berhadapan dengan Australia yang menjadi runner up Grup D pada Senin (1/10) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia