Piala AFC U-16: Lolos dari Fase Grup, Indonesia Selangkah Lagi ke Piala Dunia

Gelandang Indonesia U-16 Andre Oktaviansyah berduel dengan gelandang India U-16 Ricky John Shabong dalam laga Grup C Piala AFC U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/9/2018). - the/afc.com
27 September 2018 22:40 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Asia U-16 sebagai juara Grup C setelah bermain imbang tanpa gol lawan India dalam pertandingan terakhir fase grup di Stadion Bukit Jalil di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/9/2018) malam.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh MNC TV, kedua tim bermain terbuka dan memiliki sejumlah peluang, tetapi tetap gagal membuahkan gol hingga laga usai.

Sayangnya, upaya India menghadang serangan Indonesia kerap kali dilakukan dengan permainan keras. Dengan hasil 0 – 0, Indonesia tampil sebagai juara Grup C dengan nilai 5, sama dengan India di posisi kedua, tetapi Indonesia unggul selisih gol 3 – 1, sedangkan India 1 – 0.

Iran berada di posisi ketiga dengan nilai 4 setelah menghantam Vietnam 5 – 0 di Stadion Universitas Malaya (UM) Arena di Kuala Lumpur yang digelar pada saat bersamaan, sedangkan Vietnam juru kunci dengan nilai 1 hasil seri 1 – 1 versus Indonesia.

Dengan demikian, Indonesia di 8 besar akan berhadapan dengan runner up Grup D yang untuk sementara diisi oleh Australia, tetapi masih berpotensi digeser Irak.

Sementara itu, India akan jumpa Korea Selatan yang kemungkinan keluar sebagai juara Grup D. Juara dan runner up Grup D baru bisa dipastikan di dua laga terakhir pada Jumat (28/9/2018).

Pertandingan babak perempatfinal Indonesia melawan runner up Grup D akan digelar pada Senin (1/10/2018) mulai pukul 15.30 WIB di Stadion Bukit Jalil.

Pemenang laga itu dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 di Peru tahun depan sebagai salah satu semifinalis. Empat tim teratas di Piala Asia U-16 ini memang lolos ke Peru mewakili Asia. Jadi, Indonesia selangkah lagi ke Piala Dunia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia