Advertisement

Hadapi UEFA Nations League, Roberto Mancini Bawa Remaja Tanpa Pengalaman di Serie A

Budi Cahyana
Minggu, 02 September 2018 - 19:45 WIB
Budi Cahyana
Hadapi UEFA Nations League, Roberto Mancini Bawa Remaja Tanpa Pengalaman di Serie A Pietro Pellegri - Reuters/Eric Gaillard

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih Italia Roberto Mancini membuat kejutan dengan memyertakan dua remaja dalam skuat Italia yang akan menghadapi Polandia dan Portugal di UEFA Nations League 2018.

Striker Monaco Pietro Pellegri berpeluang memecahkan rekor Giuseppe Bergomi sebagai pemain termuda yang berbaju Gli Azzurri setelah Perang Dunia II. Bergomi baru berisia 18 tahun 113 hari ketika membela Italia melawan Jerman Timur pada 14 April 1982.

Advertisement

Kini, Pellegri baru berusia 17 tahun lima bulan. 22 Desember 2016, Pellegri menyamai rekor Amedeo Amedei ketika membela Genoa melawan Torino. Dia baru berumur 15 tahun 280 hari dan menjadi pemain termuda yang bermian di Serie A. Pada Januari, Pellegri pindah ke Monaco dan Minggu (26/8/2018) lalu, dia membuat rekor di Ligue 1 Prancis. Monaco kalah 1-2 dari tuan rumah Bordeaux. Satu-satunya gol Monaco dilesakkan Pellegri dan Pellegri menjadi pemain pertama yang lahir pada abad 21 yang mencetak gol di Ligue 1 Prancis.

Jika diturunkan melawan Polandia, 7 September nanti, atau Portugal, tiga hari kemudian, Pellegri bakal memecahkan rekor Bergomi.

Mancini membuat kejutan besar dengan menyertakan nama gelandang 19 tahun Nicolo Zaniolo. Zaniolo adalah andalan Italia U-19, tetapi dia baru tujuh kali tampil di kompetisi profesional, yakni bersama klub Serie C Virtus Entella pada 2016-2017. Musim lalu dia berbaju Internazionale dan sekali pun tak dimainkan di Serie A. Kini, Zaniolo berseragam Roma dan belum jua tampil di Serie A.

Selain membawa dua pemain itu, Mancini mengembalikan Mario Balotelli dan Giorgio Chiellini. Penampilan terakhir Balotelli bersama Azzurri adalah di Piala Dunia 2014 sedangkan penampilan terakhir Chiellini di pentas internasional adalah ketika Italia melawan Swedia pada play off Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Swedia pada Oktober 2017.

Mancini yang sedang membangun ulang Italia selepas kegagalan di era Gien Piero Ventura membawa delapan pemain yang belim pernah mencicipi penampilan internasional, yakni kiper Alessio Cragno; bek Manuel Lazzari, Cristiano Biraghi, dan Emerson Palmieri; gelandang Marco Benassi, Nicolo Barella, dan Nicolo Zaniolo; serta penyarang Pietro Pellegri.

Skuat Italia untuk Melawan Polandia dan Portugal

Kiper: Alessio Cragno (Cagliari), Gianluigi Donnarumma (Milan), Mattia Perin (Juventus), Salvatore Sirigu (Torino)

Bek: Cristiano Biraghi (Fiorentina), Leonardo Bonucci (Juventus), Mattia Caldara (Milan), Giorgio Chiellini (Juventus), Domenico Criscito (Genoa), Emerson Palmieri (Chelsea), Manuel Lazzari (Spal), Alessio Romagnoli (Milan), Daniele Rugani (Juventus), Davide Zappacosta (Chelsea)

Gelandang: Nicolo Barella (Cagliari), Marco Benassi (Fiorentina), Bryan Cristante (Roma), Roberto Gagliardini (Inter), Jorginho (Chelsea), Lorenzo Pellegrini (Roma), Nicolo Zaniolo (Roma)

Penyerang: Mario Balotelli (Nice), Andrea Belotti (Torino), Domenico Berardi (Sassuolo), Federico Bernardeschi (Juventus), Giacomo Bonaventura (Milan), Federico Chiesa (Fiorentina), Ciro Immobile (Lazio), Lorenzo Insigne (Napoli), Pietro Pellegri (Monaco), Simone Zaza (Torino).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement