Advertisement

Ratusan Ribu Orang Larut dalam Suka Cita Pawai Les Bleus di Paris

Budi Cahyana
Selasa, 17 Juli 2018 - 17:55 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Ribu Orang Larut dalam Suka Cita Pawai Les Bleus di Paris Kerumuman orang menunggu kedatangan skuat Prancis di Paris, Senin (16/7/2018) waktu setempat. - Reuters/Eric Feferberg

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Skuat juara dunia 2018, Prancis, yang baru saja pulang dari Rusia disambut ratusan ribu orang dalam pawai di Champs Elysees di Paris, Senin (16/7/2018) waktu setempat.

Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia 4-2 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Minggu (15/7/2018). Ini adalah trofi kedua Prancis. Mereka kali pertama menjuarai Piala Dunia saat menjadi tuan rumah pada 1998. Skuat Prancis tiba di Bandara Charles de Gaulle dan kemudian diarak menuju Paris. Para pemain, pelatih, dan ofisial, menerima penghargaan tertinggi, Legion d'Honneur.

Advertisement

Skuat Prancis berpose dengan Presiden Emmanuel Macron di Elysee Palace. (Reuters)

Pesta penyambutan ini berlangsung lebih tertib. Pada Minggu malam, setelah Les Bleus menekuk Kroasia, orang-orang di seluruh Prancis merayakannya dengan gegap gempita. Sayangnya, perayaan itu berubah menjadi kericuhan. Di dua kota, dua orang sampai meninggal dunia karena merayakan kemanangan Prancis dengan cara kelewatan, yakni mencebur sungai dan menabrakkan mobil di pohon.

Pesta di Champs Elysees Senin kemarin persis dengan perayaan di tempat yang sama 20 tahun lalu. Kala itu, Didier Deschamps ikut bergembira. Dia adalah kapten Les Bleus. Kali ini, Deschamps juga larut dalam euforia dan suka cita, tetapi sebagai pelatih. Deschamps adalah orang ketiga yang bisa menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih setelah Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

“Kami menunjukkan kekuatan mental luar biasa. Para pemain belajar banyak dari kesedihan di Euro dua tahun lalu [Prancis yang menjadi tuan rumah kalah di final Euro 2016 dari Portugal] Selama 55 hari, kami bekerja keras untuk dan inilah hasilnya. Kami bangga menjadi orang Prancis, menjadi Les Bleus,” ucap Deschamps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement