Advertisement

Preview Rusia Vs Arab Saudi

Hanifah Kusumastuti/ Adib Muttaqin Asfar
Kamis, 14 Juni 2018 - 12:00 WIB
Sugeng Pranyoto
Preview Rusia Vs Arab Saudi Timnas Rusia (Reuters/Leonhard Foeger)

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKOW — Piala Dunia resmi akan dibuka Kamis (14/06/2018) malam ini. Pertandingan tuan rumah Rusia versus Arab Saudi, Kamis (14/6/2018) ini, akan menandai digelarnya Piala Dunia 2018, Kamis (14/6/2018)-Minggu (15/7/2018). Sebagai tuan rumah, Rusia, menanggung beban besar ketika memasuki Stadion Luzhniki yang digadang-gadang bakal dipenuhi 80.000 penonton.

Tim berjuluk Sbornaya tersebut memulai kampanye perdananya di turnamen sepak bola terakbar segat ini sebagai kontestan dengan ranking FIFA terendah di antara 32 peserta. Parahnya, Rusia melakoni pemanasan dengan tidak pernah mencicipi satu pun kemenangan dalam kurun waktu delapan bulan terakhir. Hasil imbang 1-1 atas Turki di Moskow pekan lalu bahkan menjadikan Stanislav Cherchecov sebagai pelatih pertama tanpa kemenangan dalam tujuh laga beruntun sejak negara ini masih bernama Uni Soviet.

Advertisement

Nama baik Rusia di Piala Dunia kali ini pun bakal dipertaruhkan. Negeri Beruang Merah yang sudah menghabiskan dana lebih dari US$13 miliar (Rp181,9 triliun) untuk persiapan turnamen empat tahunan termahsyur di dunia ini tentu tak mau menanggung malu. Khususnya, di partai pembuka Grup A melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis pukul 22.00 WIB.

Rusia harus mendapat hasil semaksimal mungkin di laga perdana ini agar tetap memiliki kans lolos ke fase knock-out untuk kali pertama sejak Uni Soviet pecah. Sebab, lawan Sbornaya berikutnya di Grup A akan lebih berat, yakni melawan Uruguay dan Mesir.

“Selama tim ini konsentrasi, saya harus akui fakta, tim kami tidak mendapatkan hasil bagus dalam beberapa waktu terakhir. Namun kami punya ekspektasi besar, semua fans dan pencinta sepak bola Rusia, berharap tim ini akan bermain dengan terhormat, untuk menunjukkan pertunjukan modern, sepak bola menarik, dan bertarung sampai akhir,” pinta Presiden Rusia, Vladimir Putin, seperti dilansir afp.com, Rabu (13/6/2018).

Kapten Rusia, Igor Akinfeev, memiliki jam terbang lebih tinggi di level tim nasional dan klub dibanding dua penjaga gawang legendaris Uni Soviet, Lev Yashin dan Rinat Dasayev. Namun, kiper berusia 43 tahun tersebut tak pernah clean sheet dalam 43 penampilannya di Liga Champions selama 11 tahun terakhir.

Akinfeev harus menghadapi teror penyerang Arab Saudi, Mohammed Al-Sahlawi. Pemain yang sempat menjalani latihan bersama Manchester United selama tiga pekan tersebut moncer dengan 16 gol di kualifikasi. Meski demikian, Akinfeev dkk. masing bisa bernapas lega karena Al-Sahlwi mandul dalam sembilan laga terakhir.

"Mereka [pemain Arab Saudi] tahu apa yang mereka harapkan di Rusia dan tahu apa yang kami harapkan dari mereka, jadi kami siap bermain dengan kemampuan terbaik kami. Kami tidak sabar main di Piala Dunia tanpa rasa takut," ujar Pelatih Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi, seperti dikutip arabnews.com.

Dengan performa tim Rusia yang tidak kunjung membaik, memang tak ada yang perlu ditakutkan oleh Arab Saudi. Namun, tekanan publik Luzhniki bisa saja memompa semangat Akinfeev dkk untuk mencetak gol setidaknya untuk memaksakan hasil imbang.

Prediksi skor: Rusia 1 : 1 Arab Saudi

Prediksi Line Up

Rusia (4-1-4-1)
Akinfeev
Kudryashov, Ignashevich, Granat, Fernandes
Zobnin
Zhirkov, Kuzyaev, Golovin, Samedov
Smolov

Arab Saudi (4-2-3-1)
Al-Mayoof
Shahrani, Hawaswi, Hawsawi, Al-Burayk
Ateef, Faraj
Shehri, Jassam, Dawsari
Muwallad

Sumber: Whoscored.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : jibi/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement