Chelsea Vs Liverpool, Perebutan 4 Besar

Chelsea (Reuters/Peter Nicholls)
06 Mei 2018 17:40 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, LONDON — Chelsea akan menjamu Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris pekan ini. Dari juara Liga Premier Inggris menjadi tim yang berjuang untuk mengais sisa tiket Liga Champions. Itulah yang dialami Chelsea menyusul performa yo-yo mereka musim ini. Tiga kekalahan dalam kurun akhir Februari hingga awal April 2018 membuat The Blues kini terperangkap di zona Liga Europa atau posisi kelima.

Dengan sisa tiga pertandingan, Chelsea masih tertinggal lima poin dari Tottenham Hotspur yang mengantongi 71 angka di peringkat keempat atau peraih tiket terakhir Liga Champions. Kondisi itu tampaknya membuat asa Chelsea untuk tampil di Liga Champions amat sulit.

Faktanya, mereka masih berpeluang besar merangsek ke empat besar. Syaratnya tak lain adalah menaklukkan Liverpool dalam laga krusial di Stamford Bridge, Minggu (6/5/2018) malam WIB.

The Reds sendiri masih berpeluang tergusur dari zona Liga Champions. Ini karena Mohamed Salah dkk. sudah memainkan 36 laga dengan koleksi 72 poin, sedangkan Chelsea baru memainkan 35 pertandingan.

Jika The Blues mampu memaksimalkan laga akhir pekan ini dengan kemenangan, Liverpool bisa kalang kabut di laga terakhir melawan Brighton. Ini karena mereka masih membagi konsentrasi untuk final Liga Champions, 27 Mei 2018.

Tuan rumah sedang dalam tren positif setelah mampu menyapu bersih tiga laga terakhir dengan kemenangan. Sebaliknya, Liverpool membuang empat poin berharga saat hanya mampu bermain imbang melawan tim papan bawah seperti Stoke City dan West Bromwich Albion.

Momentum ini tentu tak boleh dilewatkan The Blues untuk menjaga asa ke Liga Champions. “Ini bisa menjadi sebuah kesempatan yang bagus untuk kami,” ujar Pelatih Chelsea, Antonio Conte, seperti dilansir Sky Sports, Sabtu (5/5/2018).

Masalahnya, Chelsea justru sering kesulitan ketika menjamu The Reds di Stamford Bridge. Mereka selalu kalah dari Liverpool dalam dua laga kandang terakhir di Liga Premier Inggris (1-2 pada 2016/2017 dan 1-3 pada 2015/2016). Tak hanya itu, Jordan Henderson dkk. tak pernah kalah dari Chelsea di enam pertemuan terakhir kedua tim.

The Reds tentu berambisi mempertahankan dominasi itu untuk memastikan tiket ke Liga Champions musim depan. Ya, The Reds butuh tiga poin lagi untuk menyegel satu posisi di kompetisi “piala kuping lebar”.

Sumber : JIBI/Solopos