Advertisement

Hadapi Barcelona, Roma Butuh Jiwa Gladiator

Hanifah Kusumastuti
Selasa, 10 April 2018 - 08:05 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Hadapi Barcelona, Roma Butuh Jiwa Gladiator Pemain Barcelona, Lionel Messi mendapat kawalan ketat para pemain AS Roma di leg pertama Liga Champions, Rabu (4/4 - 2018) dini hari.

Advertisement

Harianjogja.com, ROMA—Italia mencatatkan sejarah. Sebab, untuk kali pertama sejak delapan tahun, dua tim Italia mampu menembus perempat final Liga Champions. Namun sayangnya, dua wakil Negeri Piza, Juventus dan AS Roma nasibnya tak akan mulus melaju bak semifinal di kompetisi paling glamor di Eropa.

Juventus harus membalikkan kekalahan 0-3 dari Real Madrid. Juventus akan menghadapi Real Madrid Kamis (12/4/2018) dini hari. AS Roma harus menang minimal 3-0 dari Barcelona dalam laga di Olimpico, Roma, Rabu (11/4/2018). Di leg pertama, Roma bertekuk lutut 4-1 di kandang Barcelona.

Advertisement

Pasukan Eusebio Di Francesco menyadari misi mengejar defisit tiga gol saat menghadapi Lionel Messi dkk sangatlah berat. Dzeko dkk membutuhkan semangat bertarung yang tinggi layaknya para gladiator ketika berjumpa Barcelona di Olimpico nanti.

“Kami berpengalaman dalam permainan seperti ini. Sebelumnya orang-orang bilang kami pantang menyerah. Kami harus yakin dan menunjukkan gairah,” jelas Pelatih Roma, Eusebio Di Francesco, seperti dilansir situs resmi klub, asroma.com, Senin (9/4/2018).

Secara statistik, Roma memang tidak terkalahkan dalam dua pertemuan terbaru di Olimpico.

Dalam fase grup 2015 lalu, tim berjuluk Il Giallorossi menahan Barcelona 1-1. Sedangkan sekitar 16 tahun lalu, Roma mampu menumbangkan raksasa Catalan 3-0 di Olimpico pada fase grup Liga Champions 2001/2002.

Namun, Kolarov dkk dalam tren buruk sebelum berjumpa Barcelona di leg kedua ini.

Beberapa hari setelah digulung 1-4 di Camp Nou, Roma dipermalukan 0-2 Fiorentina liga domestik, Seri-A di Olimpico. Sementara, Luis Suarez dkk selalu meraih hasil positif di Liga Primera dan tak terkalahkan dalam 18 laga di semua kompetisi.

Tentu saja, AS Roma tak boleh meremehkan tim tamu yang sedang on fire. Megabintang Barcelona, Lionel Messi, yang selalu produktif bisa menjadi momok tuan rumah.

Messi memang gagal merobek gawang Roma saat bertanding di Camp Nou. Namun, penyerang berjuluk La Pulga tersebut bermain fantastis saat bertemu Leganes dengan mencetak hattrick pada akhir pekan lalu.

Rekan Messi di Barcelona pun memuji permainan Messi. Ivan Rakitic, rekan Messi mengatakan Lionel Messi selalu menjadi bahan pembicaraan saat bertanding.

“Jika orang-orang membicarakan tentang Leo [sapaan Messi] itu karena dia layak mendapatkannya. Saya bahkan membicarakannya juga ketika berada di rumah,” jelas gelandang Barcelona, Ivan Rakitic, seperti dikutip sport.es.

Sayangnya, dalam pertandingan yang vital ini gelandang andalan AS Roma, Radja Nainggolan, masih diragukan turun karena cedera. Namun, hal itu tak menjadikan Roma berkecil hati.

 

Pelatih Roma Eusebio Di Francesco tetap optimistis dan tak mau menyerah menghadapi tim Catalan tersebut. Bahkan, dia mengingatkan kemenangan Roma atas tim kuat Inggis, Chelsea di fase Liga Champions beberapa waktu lalu.

"Mengapa tidak percaya sampai akhir dan berharap kita bisa mencapai sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya? Kita tertinggal tiga gol, jadi ini benar-benar sulit, tapi kita punya kewajiban untuk mencoba," kata Di Francesco kepada wartawan sebagaimana dikutip dari Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement