LIGA SPANYOL : Messi dan Ter Stegen Absen, Barcelona Rawan di Lini Depan dan Belakang

Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikawal sejumlah pemain Athletic Bilbao, di Camp Nou, Barcelona, Minggu (18/3/2018). (Reuters - JIBI)
31 Maret 2018 11:37 WIB Moh Khodiq Duhri Sepakbola Share :

Barcelona rawan lini depan dan belakang saat jumpa Sevilla.

Harianjogja.com, SEVILLA-La Pulga, julukan Messi, sejauh ini masih memimpin daftar top scorer dengan torehan 25 gol. Dia unggul tiga gol dari saingan terdekat, Cristiano Ronaldo, hingga pekan ke-29. Messi jelas difavoritkan menjadi El Pichichi atau pencetak gol terbanyak liga mengingat musim tinggal menyisakan sembilan laga.

Di sektor kiper, Ter Stegen juga menjadi yang terdepan untuk meraih trofi Zamora (kiper terbaik) dengan hanya kebobolan 13 gol dari 29 laga. Itu artinya Ter Stegen hanya kemasukan 0,44 gol per pertandingan atau kebobolan satu gol per 201 menit. Statistik ini unggul tipis dari kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, yang kebobolan 14 gol dari 29 laga.

Lionel Messi dan Marc Andre Ter Stegen menjadi pemain paling krusial dalam mengangkat performa Barcelona musim ini. Kedua pemain itu menjadi yang terbaik di Liga Primera jika melihat statistik penampilan sepanjang musim ini.

Sayang pemain terbaik dari lini yang berbeda ini kemungkinan besar akan absen dalam lawatan Barcelona ke markas Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (1/4/2018) dini hari WIB. Messi masih diragukan kebugarannya setelah mengalami cedera hamstring sepekan terakhir. La Pulga sudah absen di dua laga persahabatan Argentina saat mengalahkan Italia (2-0) dan dilibas Spanyol (1-6).

Kondisi Ter Stegen tak lebih baik menyusul masalah pada lututnya saat membela Jerman melawan Spanyol. Sang kiper kemudian tak diturunkan pada laga melawan Brasil. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku belum bisa memastikan apakah Messi dan Ter Stegen bakal turun saat melawan Sevilla. Namun dia berharap Messi bisa bermain di laga nanti.

“Saya masih kalem terkait cedera Messi. Besok kami akan lihat bagaimana kondisinya,” ujar Valverde dilansir Football Espana, Jumat (30/3/2018).

Blaugrana boleh sedikit ayem jika melihat catatan pertemuan mereka atas Sevilla. Barca selalu mampu membekuk Los Nervionenses dalam tujuh laga terakhir di semua kompetisi. Tren positif itu bisa berlanjut lantaran Sevilla cenderung bermain angin-anginan di Liga Primera setelah ditangani Vincenzo Montella.

Ever Banega dkk. selalu keok di dua laga terakhir serta hanya menang dua kali dalam tujuh laga kandang terbaru di Liga Primera. Tuan rumah semakin terjepit lantaran salah satu pilarnya, Pablo Sarabia, harus absen karena akumulasi kartu. Padahal selama ini Sarabia menjadi top scorer tim bersama Wissam Ben Yedder dan Luis Muriel dengan koleksi enam gol.