Timnas Indonesia U-16 vs Filipina U-16 Antara Ujian Mental dan Pertahanan

Ilustrasi (Jumali/JIBI - Harian Jogja)
21 Mei 2017 08:22 WIB Jumali Sepakbola Share :

Timnas Indonesia U-16 vs Filipina U-16, kompetisi digelar sore ini.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Mentalitas dan pertahanan dari skuat Timnas U-16 akan diuji saat berhadapan dengan Filipina U-16 pada laga persahabatan Internasional di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (21/5/2017) sore.

Sebab, selama melakoni persiapan baik pemusatan latihan di Cijantung dan lima kali laga uji coba, jelang Piala AFF U-15 9-22 Juli mendatang di Thailand, Garuda Muda-julukan Timnas U-16 Indonesia belum pernah menjalani latih tanding dengan tim selevel. Diharapkan dengan uji coba kali ini, maka gambaran kesiapan tim sebelum bertemu Australia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Singapura di Grup A akan didapatkan.

Pelatih Timnas Indonesia Fachri Husaini menilai sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kekuatan dari Timnas Filipina U-16. Meski ambil bagian pada Piala AFF U-15 dan berada di grup berbeda, kekuatan dari The Azkals Boys-julukan Timnas Filipina U-16, sulit untuk diketahui. Sebab, jauh-jauh hari Timnas Filipina U-16 telah melakukan pemusatan latihan di China.

Namun, secara peringkat di FIFA, AFC dan AFF, Filipina berada jauh di atas Indonesia. Hingga, April tahun ini, Filipina tercatat berada di peringkat 1 AFF, peringkat 18 AFC dan peringkat ke-127 FIFA. Sementara Indonesia, hanya berada di peringkat ke-9 AFF, peringkat ke-38 AFC dan peringkat 175 FIFA.

"Mengenai kekuatan mereka, saya belum tahu. Hal ini dikarenakan saya juga belum pernah melihat penampilan mereka. Jika mereka turun dengan kekuatan pemain naturalisasi, ini sangat bagus bagi kami. Karena sampai saat ini kami belum dapat tim yang bisa mewakili kekuatan dari Australia," katanya, Sabtu (20/5).

Oleh karena itu, pria asal Aceh ini berharap laga melawan Filipina kali ini bisa menjadi tolok ukur melihat kesiapan tim, sekaligus memeroleh gambaran mengenai kekuatan dari Australia. "Ini sekaligus untuk melihat gambaran Australia," tandasnya.

Menurut Fachri, sampai saat ini tidak ada pemain yang sangat menonjol di tim. Sebab, kesuksesan dari tim tidak bisa ditentukan oleh satu atau dua pemain. Oleh karena itu, pada laga kali ini, Fachri memastikan akan menurunkan pemain terbaiknya dan bermain dengan gaya yang dimiliki. "Karena kesuksesan tim adalah kerja keras semua pemain," tandasnya.

Sedangkan pelatih Timnas U-16 Filipina Emelio Asada "Chieffy" Caligdong mengungkapkan bahwa ada banyak perubahan yang dialami oleh skuat asuhannya usai menjalani pertandingan pada turnamen festival sepak bola di Brunei Darusalam beberapa waktu lalu. "Kekuatan kami sudah berubah. Ada separuh pemain baru masuk ke dalam tim. Meski demikian kami siap untuk berhadapan dengan Timnas Indonesia," kata mantan Kapten Timnas Senior Filipina ini.

Sementara disinggung mengenai kekuatan dari Timnas U-16, kapten The Azkals Boys, Miquel Basmire mengungkapkan bahwa pihaknya jauh-jauh hari telah mempelajari permainan dari Garuda Muda. Sebelum bertolak dari Manila, bahkan, Cheffy Caligdong telah melakukan simulasi untuk pertandingan melawan Indonesia. "Kami sudah mempelajari semuanya," tandasnya.

Sedangkan kapten Garuda Muda, Brilyan Negietha Dwiki Aldana menyatakan pertandingan kali ini sangat penting baginya. Selain baru kali ini dirinya berkaus timnas, laga kali ini dinilai sangat berpengaruh terhadap persiapan untuk Piala AFF U-15  di Thailand. "Oleh karena itu saya menilai pertandingan ini penting," ucapnya.