PSIM JOGJA : Bonek Diundang Saksikan Laga Persebaya

Rapat pelaksanaan laga PSIM melawan Persebaya di Kantor Asosiasi Provinsi DIY, Jogja, Jumat (5/5/2017). (JIBI/Harian Jogja - Arief Junianto)
05 Mei 2017 16:26 WIB Sepakbola Share :

BKJ sempat menanyakan kepastian kabar penolakan dari warga sekitar stadion

Harianjogja.com, JOGJA—Jelang laga PSIM Jogja melawan Persebaya Surabaya di Stadion Sultan Agung, Bantul pada 14 Mei 2017 mendatang, Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan PSIM mengundang kelompok suporter Persebaya, Bonek, untuk menyaksikan laga itu.

Ketua Panpel PSIM Jogja Brustam Iswanto menuturkan publik Jogja berharap Bonek bisa diizinkan datang dalam pertandingan tersebut. Alasannya, euforia laga antara PSIM dan Persebaya sudah lama dinantikan.

“Mereka [PSIM dan Persebaya] adalah dua dari beberapa tim yang ikut andil sebagai pendiri PSSI,” katanya di sela-sela rapat pelaksanaan laga PSIM melawan Persebaya di Kantor Asosiasi Provinsi DIY, Jogja, Jumat (5/5/2017).

Rapat itu dihadiri Bonek, yang diwakili Bonek Korwil jogja (BKJ). Hadir juga perwakilan dari dua kelompok suporter PSIM, Brajamusti dan The Maident. Dalam rapat itu, BKJ sempat menanyakan kepastian kabar penolakan dari warga sekitar stadion.

Sholahudin, salah satu perwakilan BKJ, mengatakan selama ini hubungan antara Bonek dan suporter PSIM sudah terbangun dengan baik. Dia berharap hal tersebut bisa menjadi salah satu modal penting bagi pemangku kepentingan untuk membuka pintu izin kedatangan suporter Persebaya Surabaya nantinya.

Selama ini belum pernah ada kasus penolakan Bonek oleh warga. Namun, Bonek memiliki kebiasaan silaturahmi dengan warga sekitar stadion. Silaturahmi itu dilakukan Bonek paling lambat sepekan sebelum pertandingan. “Ada tidaknya penolakan, kami [Bonek] sudah kebiasaan seperti itu [silaturahmi],” ucapnya.

Brustam membenarkan adanya surat dari beberapa kepala dusun yang ada di sekitar Stadion Sultan Agung. Surat itu berisikan keberatan warga terhadap kedatangan Bonek saat laga PSIM kontra Persebaya. Brustam pun menyarankan Bonek menjadwalkan audiensi dengan Polres Bantul. “Syukur kalau Bonek sudah ada pendekatan sendiri dengan warga,” ucapnya.